Home Berita Kenali Beda Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR

Kenali Beda Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR

5 min read
3
0
1,233
Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR
Ilustrasi Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR

PUBLIKSULTRA.ID – Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan di tengah pandemi harus memenuhi syarat khusus, yaitu hasil tes Covid-19. Untuk dapat mendapatkan hasil tes Covid-19, Anda bisa melakukan Swab Antigen, Rapid Test, ataupun Test PCR. Bermacam tes tersebut dapat diakses masyarakat di berbagai fasilitas kesehatan ataupun tempat-tempat khusus seperti bandara.

Tapi, tahukah Anda perbedaan diantara ketiga tes Covid-19 tersebut? Ketiga tes virus Corona itu memiliki perbedaan yang mendasar. Bila pernah kontak dengan orang positif Covid-19 disarankan melakukan pemeriksaan secepatnya. Supaya Anda lebih mengenali perbedaan ketiga tes tersebut, berikut ulasannya dikutip dari Detik.com, Rabu (3/2/2021).

Baca Juga : Nyaris 1 Bulan Positif Covid-19, Presiden PKS: Alhamdulillah Akhirnya Negatif

Swab Antigen

Swab antigen adalah penerapan uji Covid-19 dengan pengambilan sampel di pangkal hidung dan tenggorokan. Sampel diambil dengan swab test atau tes usap sehingga mirip dengan pelaksanaan tes PCR. Tujuannya, untuk mencari protein yang terdapat di permukaan virus.

Cara kerja ini berbeda dengan PCR test yang mencari material genetik pada virus corona penyebab Covid-19. Mekanisme swab antigen dikatakan tidak terlalu berat dengan bahan kimia lebih sedikit dibandingkan test PCR. Hasil swab antigen lebih cepat dibandingkan tes PCR, namun hasilnya tidak terlalu sensitif.

Baca Juga : Vaksinasi Adalah Upaya Serius Pemerintah Mengatasi Pandemi Covid-19

Rapid test

Rapid test biasa dilakukan lewat pengambilan sampel darah dari tubuh pasien. Perlengkapan rapid test akan mengenali protein antibodi dalam sampel tersebut. Antibodi adalah protein yang dibentuk sebagai bentuk perlindungan tubuh saat terinfeksi virus corona atau patogen lain.

Artinya, rapid test sebaiknya diterapkan pada yang pernah terinfeksi. Untuk akurasi Rapid test tidak akurat bila dilakukan pada yang belum pernah terinfeksi virus Corona. Apalagi tiap orang memberi respon antibodi yang berbeda saat terinfeksi.

Baca Juga : Pakar Mikrobiologi UGM Sebut Virus Nipah Berpotensi Menjadi Pandemi Baru

Swab PCR

PCR atau Polymerase Chain Reaction adalah mekanisme membaca kode genetik pada sampel untuk mengetahui keberadaan COVID-19. Test PCR merujuk pada Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Pengambilan sampel test PCR dilakukan di pangkal hidung dan tenggorokan. Mekanisme test PCR menggunakan sampel RNA Covid-19 yang disalin balik untuk membentuk pasangan DNA. Salinan diperbanyak dengan PCR hingga terbentuk banyak rantai DNA, yang biasanya perlu waktu 6 jam hingga dua hari. Tes ini memberikan tingkat akurasi yang tinggi meski harus memerlukan waktu yang lama.(*)

Baca Juga : Jenderal Idham Azis Serahkan Panji Polri Tribrata kepada Kapolri yang Baru

Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Harianhaluan

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

3 Comments

  1. […] Baca Juga : Kenali Beda Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR […]

    Reply

  2. […] baca juga : Kenali Beda Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR […]

    Reply

  3. […] Baca Juga : Kenali Beda Swab Antigen, Rapid Test, dan Test PCR […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dispar sultra gelar Fasilitasi HAKI bagi pelaku Ekraf

Publiksultra.id – Dinas pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Fasilitasi H…