Home Berita Vaksinasi 100 Persen Tidak Mungkin Dicapai RI, Begini Penjelasan Menkes

Vaksinasi 100 Persen Tidak Mungkin Dicapai RI, Begini Penjelasan Menkes

3 min read
0
0
222
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah terus mengejar pencapaian target 208 juta penduduk Indonesia dapat divaksinasi Covid-19. Walaupun, ia menyebut target vaksinasi itu sulit dicapai.

“Saya jujur akui kita tidak mungkin vaksinasi 100 persen. Enggak ada di dunia yang bisa 100 persen vaksinasi,” ujar Budi Gunadi dalam acara Ngobrol Tempo, Selasa, 28 Desember 2021.

Ia mengatakan vaksinasi yang mencapai 80 persen dari target pun sudah membuatnya senang. “Dari target 208 juta, 80 persen berarti sekitar 170 juta saja sudah senang. Sampai sana sudah dekat, tapi kita kejar terus,” tuturnya.

Dinukil dari laman resmi covid19.go.id, per 28 Desember pukul 12.00, vaksin telah disuntikkan kepada 157.804.805 orang atau 75,77 persen untuk dosis pertama. Adapun untuk vaksinasi dosis kedua mencapai 111.565.302 orang atau 53,57 persen.

Budi Gunadi mengatakan salah satu persoalan yang dihadapi adalah banyaknya kelompok tradisional yang tidak mau divaksin. Secara umum, ia mengatakan laju vaksinasi di Tanah Air belakangan melambat akibat dua hal.

Pertama, lantaran daerah yang gampang, rapat dan padat sudah kelar divaksin. Sehingga, saat ini pemerintah harus bergerak ke daerah yang tidak terlalu padat, butuh usaha lebih banyak, lebih jauh, dan lebih sulit dijangkau.

Kedua, orang yang semangat divaksin sudah selesai divaksin semua. Sehingga, sekarang pemerintah harus mengejar orang yang belum tentu semangat divaksin. “Karena itu, kita harus mengambil jalur positif, gunakan lingkungan dan komunitas yang mungkin mereka percaya untuk vaksin,” ujarnya.

Salah satu upaya yang dilakukan, misalnya merangkul komunitas pendaki gunung dan pencinta alam untuk menjangkau masyarakat adat, misalnya masyarakat Baduy, Bromo, hingga Tengger. Upaya itu sudah ada yang membuahkan hasil, seperti vaksinasi di kaki Gunung Gede dan di Baduy Luar.(*)

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Alasan Mengapa Anda Harus Bekerja Sebagai Seorang IT

kita dapat menyoroti bagaimana teknologi informasi telah menjadi bagian integral dari kehi…