Home Berita Jokowi Sebut Indonesia Hampir 3 Tahun Tak Impor Beras, Buwas Ungkap Fakta Lain

Jokowi Sebut Indonesia Hampir 3 Tahun Tak Impor Beras, Buwas Ungkap Fakta Lain

4 min read
2
0
563
Ilustrasi Gudang Beras

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Sudah hampir 3 tahun Indonesia tak impor beras, kata Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sementara berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), faktanya RI dari tahun 2000-2019 tak pernah absen impor beras.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau yang akrab disapa Buwas pun membeberkan fakta lain. Kata Mantan Kabareskrim itu, Bulog memang tidak pernah impor beras hampir 3 tahun.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jabatan Presiden Tiga Periode, Pakar Politik UGM: Ada Risiko Besar Dihadapi Bangsa Indonesia[/quotes]
“Seperti halnya yang perlu saya sampaikan bahwa apa yang disampaikan Pak Presiden kita bahwa kemarin beliau menyampaikan bawa selama 3 tahun ini kita tidak pernah impor ya, memang Bulog selama 3 tahun ini tidak pernah impor,” kata Buwas dalam konferensi pers virtual, Senin (29/3/2021), dikutip dari detikcom.

Jadi, apakah data BPS salah? Buwas mengatakan impor beras yang dicatat oleh BPS adalah beras khusus.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jabatan Presiden 3 Periode, Politikus Gerindra: Saya Ingin ‘Nampar’ Pak Jokowi[/quotes]

“Kalau toh ada dari data BPS ada beras masuk itu adalah beras khusus. Beras khusus ini karena kebutuhan khusus di antaranya beras japonica, itu hanya untuk kepentingan-kepentingan khusus, untuk kebutuhan-kebutuhan hotel restoran yang bersifat khusus,” jelasnya.

Beras khusus tersebut, dijelaskan Buwas diimpor oleh swasta bukan oleh Bulog. Jadi, tidak ada beras umum yang diimpor dalam 3 tahun terakhir.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jokowi Pastikan Kartu Prakerja Bisa Diikuti Oleh Siapapun, Termasuk yang Drop Out[/quotes]

“Jadi tidak ada beras impor umum ya dari negara-negara lain untuk diimpor masuk ke Indonesia. Jadi ini yang perlu saya sampaikan sehingga sampai hari ini memang Bulog belum melaksanakan impor ya ini untuk kegiatan ini,” tambahnya. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : detik.com
Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

2 Comments

  1. […] Baca Juga: Jokowi Sebut Indonesia Hampir 3 Tahun Tak Impor Beras, Buwas Ungkap Fakta Lain […]

    Reply

  2. […] baca juga : Jokowi Sebut Indonesia Hampir 3 Tahun Tak Impor Beras, Buwas Ungkap Fakta Lain […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…