Home Berita CEK FAKTA: Erick Thohir Mundur dari Ketua Umum PSSI Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

CEK FAKTA: Erick Thohir Mundur dari Ketua Umum PSSI Setelah Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20?

5 min read
0
0
9,790
Ketum PSSI Erick Thohir [Foto: Twitter]

publiksultra.id – Ada kabar Erick Thohir mundur dari Ketua Umum PSSI setelah Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Kabar itu disebarkan kanal YouTube Kreator Bola.

Katanya, Erick Thohir memutuskan untuk mengundurkan diri dari kursi Ketua Umum PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Narasi semacam itu juga tergambar melalui judul yang disematkan oleh Kreator Bola dalam video yang diunggah pada Kamis (30/3/2023).

“Erick Thohir Mundur! Timnas Makin Tak Bisa Diselamatkan – PSSI Harus terima Beban Berat,” bunyi judul dari video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola, Kamis (30/3/2023).

Tak hanya dari judulnya, kanal YouTube Kreator Bola juga memberikan penjelasan di dalam video tersebut. Ada narasi yang menyebut bahwa Erick Thohir sudah tidak kuat memimpin PSSI.

baca juga : Golkar Belum Goyah Ajukan Airlangga Jadi Capres, Meski Partai Sekoalisi Isyaratkan Ganjar-Erick

“Ya, apakah ini akan menjadi pertanda Erick Thohir tidak kuat memimpin PSSI. Tentu akan menjadi tanda tanya,” bunyi narasi kanal Youtube Kreator Bola.

“Jika Erick Thohir serta pengurus-pengurs baru mundur, tentu ini akan menjadi kekecewaan,” lanjutnya.

PENJELASAN

Sejauh ini, tidak ada satu pun pernyataan dari Erick Thohir yang menyebutkan bahwa dirinya akan mundur dari Ketua Umum PSSI setelah Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia.

Bahkan, Erick Thohir mengajak seluruh pihak untuk membuktikan kepada FIFA bahwa Indonesia bisa bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola.

“Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepakbola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini,” kata Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI.

baca juga : Instruksi Tegas Jokowi Ke Erick Thohir Dan Gubernur Heru: Segera Relokasi Korban Kebakaran Plumpang!

“Sebab saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi,” imbuhnya.

Jadi, tidak ada satu pun kata-kata atau penjelasan yang diberikan Erick Thohir bahwa dirinya memilih untuk meletakkan jabatannya sebagai Ketua Umum PSSI.

KESIMPULAN

Merujuk pada penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube kreator bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, Erick Thohir sampai saat ini masih menjadi Ketua Umum PSSI, dan dia juga tidak memberikan pernyataan apa pun soal rencana mundur dari jabatannya.

Dengan demikian, informasi dan narasi yang disampaikan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks atau berita palsu.

Sumber: suara

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dispar sultra gelar Fasilitasi HAKI bagi pelaku Ekraf

Publiksultra.id – Dinas pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Fasilitasi H…