Home Berita Walau Belum Resmi, Dua Partai di KIB Mau Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres?

Walau Belum Resmi, Dua Partai di KIB Mau Dukung Erick Thohir Jadi Cawapres?

6 min read
0
0
4,896
Menteri BUMN Erick Thohir. (YouTube Sekretariat Presiden)

publiksultra.id – Nama Erick Thohir belakangan makin sering disebut-sebut untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini bahkan memiliki kans untuk mendampingi calon presiden yang diusung oleh partai propemerintah.

Bahkan, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengemukakan, Indonesia membutuhkan sosok Erick Thohir dan mendoakan Menteri BUMN itu menjadi wakil presiden pada Pemilihan Umum 2024.

baca juga : Erick Thohir Justru Dapat Durian Runtuh Saat Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Kok Bisa?

“Republik ini butuh sosok Bang Erick Thohir, saya mendoakan insyaallah besok menjadi wakil presiden. Saya tulus ikhlas bersama beliau,” kata Yandri seperti dikutip Antara di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Sabtu (6/5/2023).

Yandri mengungkapkan, Ketua Umum PSSI tersebut merupakan sosok yang menyejukkan dan menenteramkan.

“Kami lihat, sosok Bang Erick Thohir ini sangat menyejukkan dan menenteramkan buat kita semua,” kata dia.

Lebih lanjut, ia menyebut, walau PAN memang belum resmi memutuskan Erick Thohir sebagai cawapres yang akan diusung, nama mantan Presiden Inter Milan ini sudah masuk dalam bursa Rakernas PAN.

baca juga : Persija dan Persib Rawan Main Mata, Erick Thohir: Curang Sanksinya Degradasi!

“Ya, memang secara resmi PAN belum memutuskan. Tapi, kan Bang Erick memang salah satu nama yang diusung di Rakernas PAN tahun lalu. Satu-satunya menteri, yang lain kan ada yang gubernur, unsur partai politik, dan ada unsur yang lain,” ujarnya.

Yandri menyampaikan bahwa koalisi dan nama usungan calon presiden (capres) serta cawapres masih belum bisa dipastikan.

“Semuanya koalisi-koalisi ini masih dinamika. Belum tahu ujungnya ke mana. Kemungkinan besar menurut saya nanti, ini di ‘last minutes’ kali, ya. Siapa berkoalisi dengan siapa. Siapa berpasangan dengan siapa,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy mengungkapkan alasan partainya membuka kemungkinan mengajukan nama Erick Thohir. Ia mengemukakan, jika Erick Thohir merupakan sosok yang religius. Apalagi Erick Thohir berasal dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) yang layak untuk diusung di Pilpres 2024.

“Erick masuk ke dalam radar cawapres PPP karena berasal dari keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU),” ujarnya seperti dikutip Antara pada Sabtu (6/5/2023).

baca juga : Update Lobi Erick Thohir ke FIFA, Ada Kabar Baik Apa?

“Melihat kebutuhan PPP, kami membutuhkan sosok yang religius, masih bisa Pak Erick Thohir. Erick Thohir sudah NU karena dia anggota Banser dan Ketua Panitia Satu Abad NU secara formal,” kata Romy saat menghadiri acara bincang bersama Pintar Politik.

Menurut Rommy, sapaan Romahurmuziy, Erick Thohir telah mendapatkan dukungan dari Presiden Joko Widodo untuk ikut berkontestasi di Pilpres 2024. Bahkan, orang nomor satu di Indonesia tersebut meminta PPP membukakan pintu bagi Erick Thohir.

Setelah itu, Romy mengatakan, Erick Thohir kemudian diundang untuk menghadiri acara Hari Lahir Ke-50 PPP di Bogor, Jawa Barat dan Cilegon, Banten.

“Ada arahan dari Presiden Jokowi kepada Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono untuk membukakan pintu. Setelah itu, PPP mengundang Pak Erick Thohir di acara harlah di Bogor dan Cilegon, kampung halamannya Pak Plt. Ketum,” katanya. (Antara)

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Calon Wali Kota Kendari Yudhi Mahardika Kurban 13 Ekor Sapi

KENDARI, PUBLIKSULTRA.ID – Calon Wali Kota Kendari Yudhi Mahardika atau yang kerap d…