Home Berita Kelakar Luhut ke Surya Paloh: Tawarkan Nama Ahok untuk Cawapres Anies Baswedan

Kelakar Luhut ke Surya Paloh: Tawarkan Nama Ahok untuk Cawapres Anies Baswedan

8 min read
0
0
9,424
Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2023). (Ist)

publiksultra.id – Luhut Binsar Pandjaitan ternyata sempat menawarkan nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok untuk menjadi cawapres Anies Baswedan kepada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Tawaran itu disodorkan Luhut saat agenda makan siang bersama Paloh di Wisma Nusantara, pekan kemarin.

Tetapi Paloh meluruskan bahwa sodoran nama itu sekadar kelakar dari Luhut. Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi itu, dikatakan Paloh, hanya bercanda.

baca juga : Momen Prabowo Jamu Rombongan Surya Paloh, Santai Ketawa-tawa Di Meja Makan

“Kalau mau jujur gak ada. Bukan Pak Luhut bercanda, kawan-kawan wartawan terlalu serius menanggapinya. Kena candaan pak Luhut. Pak Luhut bercanda kalian tanggapi serius,” kata Paloh di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Paloh menanggapi positif adanya candaan dari Luhut tersebut. Pasalnya hal itu menandakan tidak adanya ketegangan, kendati ada perbedaan dalam pilihan.

“Dan bagus sekali ada canda, tidak terlalu serius, cepat emosi, cepat marah, atau cepat mengecilkan-ngecilkan seseorang kawan, jangan itu,” kata Paloh.

Paloh tidak eksplisit menegaskan akan mempertimbangkan usulan nama dari Luhut atau tidak, semisalkan Ahok memang secara serius disodorkan. Ia hanya menjawab secara umum, semua nama akan menjadi pertimbangan untuk mencari yang terbaik sebagai pendamping Anies.

baca juga : Pertemuan Surya Paloh dan Luhut Justru Tunjukkan Kerenggangan Hubungan NasDem dan Jokowi

“Semua dipertimbangkan, demi yang terbaik. Kalau tidak kita tidak konsisten. Yang mau kita cari, kepentingan nasional NasDem di atas kepentingan partai,” ujar Paloh.

“Kita mencapreskan Bung Anies karena kita yakin itu sejalan untuk kepentingan nasional yang terbaik bagi bangsa ini. Kan itu keyakinan kita. Tapi kalau ada lagi yang lebih baik dari itu kenapa enggak,” sambungnya.

Luhut Endorse Nama

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto menyatakan Luhut Binsar Pandjaitan turut menyodorkan nama cawapres untuk Anies Baswedan. Sodoran nama itu disampaikan langsung Luhut kepada Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

Diketahui keduanya memang sempat bertemu untuk makan siang hersama di lantai 28, Wisma Nusantara, Jakarta Pusat.

“Tentang nama, betul ada diskusi dan sebagainya, tetapi sekali lagi tidak etis. Betul, Pak Luhut juga meng-endorse, katakanlah kalau bahasa kalian kan, meng-endorse ini meng-endorse itu, dan sebagainya,” kata Sugeng di Sekretariat Perubahan, Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Jumat (5/5/2023).

baca juga : Surya Paloh Tak Senang Lihat Jokowi Cawe-cawe Urusan Pilpres 2024

Sebelumnya, di tempat berbeda, Luhut mengaku menyarankan nama cawapres untuk Anies dalam pertemyan dengan Paloh, Jumat siang.

“Ya pak Surya tanya, saya jawab,” kata Luhut.

Banyak Tanya dan Kasih Saran

Surya Paloh sebelumnya mengaku turut membicarkan perihal calon wakil presiden untuk Anies Baswedan dalam pertemuannya dengan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Bukan sekadar membahas cawapres, diakui Paloh, Luhut menyarankan banyak ihwal cawapres.

“Oh banyak tapi ngapain saya harus bicara kepada kalian semuanya ya,” kata Paloh di Wisma Nusantara, Jakatta Pusat, Jumat (5/5/2023).

Paloh mengatakan, hal-hal mengenai cawapres Anies lebih banyak ditanya Luhut.

“Mugkin pertanyaan-pertanyaan itu banyak datang dari Pak Luhut. Ya (Luhut yang bertanya),” kata Paloh.

Ngobrolin yang Enak-enak

Surya Paloh makan siang bersama Luhut Binsar Pandjaitan. Dalam agenda makan siang itu, ada sejumlah hal yang menjadi obrolan keduanya.

Luhut berujar pertemuan keduanya membahas perihal yang enak-enak.

“Ya kita ngobrolin yang enak-enak saja. Ya semua kan pengen baik-baik ya,” kata Luhut di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat (5/5/2023).

Luhut menyinggung terkait perbedaan yang ada. Walau berbeda, Luhut memastikan ia tetap berkawan.

“Jadi kalau ada perbedaan sana sini saya kira biasa. Tapi perkawanan ya tetap saja jalan. Jadi Pak Surya kan orang baik juga, teman-teman yang lain juga baik jadi kalau ada perbedaan-perbedaan,” kata Luhut.

baca juga : NasDem Sebut Ada Hambatan Psikologis Ganggu Komunikasi Surya Paloh ke Jokowi

“Kalian lihat di luar saya kira tidak ada yang tajam. Semua berpikir yang terbaik untuk RI,” sambungnya.

Diketahui, Surya Paloh dan Luhut juga pernah melakukan pertemuan yang berlangsung di London pada Desember 2022 lalu.

“Di bulan Desember 2022 Ketum Nasdem abang Surya Paloh sedang berada di London dan di saat bersamaan Pak Menko Marvest Bang LBP juga saat itu melakukan kunjungan kerja ke London,” kata Sekjen Partai NasDem Johnny G Plate kepada wartawan, Jumat (13/1/2023).

Setelah itu, keduanya kembali bertemu di Jakarta. Pertemuan itu juga dibalut oleh makan siang pada Februari 2023 lalu.

sumber: suara

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Programmer: Cara Menghindari Dampaknya

Programmer adalah orang yang membuat perangkat lunak yang Anda gunakan sehari-hari, sepert…