Home Berita Sosok Ustaz Hanan Attaki: Gabung NU Meski Punya Sejarah Pernah Dibubarkan Banser

Sosok Ustaz Hanan Attaki: Gabung NU Meski Punya Sejarah Pernah Dibubarkan Banser

4 min read
0
0
3,541
Ustadz Hanan Attaki

publiksultra.id – Pendakwah Hanan Attaki kini memilih sebuah keputusan yang membuat publik tercengang lantaran bergabung ke salah satu organisasi keagamaan yakni Nahdlatul Ulama alias NU.

Publik sontak menilai keputusan Hanan yang terbilang berani lantaran ia pernah memiliki sejarah pengajiannya dibubarkan oleh Banser, salah satu sayap organisasi NU.

Hanan resmi diterima menjadi warga NU melalui proses baiat di hadapan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur pada Halal Bihalal 1444 Hijriah Keluarga Besar Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek sekaligus Haul KH Ahmad Noer, KH Mustamar, dan KH Murtadho Amin di Kota Malang.

“Saya Ustaz Hanan Attaki menyatakan berbaiat, bersumpah, mengikuti ajaran akidah, ulama, habib, kiai dari kalangan ahlussunah wal jamaah,” ujar Hanan saat membacakan ulang baiat yang disampaikan Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar, dalam siaran Youtube PonpesgasekTV, Jumat (12/5/2023).

Profil Hanan Attaki: Pendakwah yang menyasar anak-anak gaul

Gaya berdakwah Hanan Attaki membuatnya sangat diminati oleh kawula muda. Sebab, ia menyasar ke komunitas anak-anak gaul seperti komunitas anak punk, geng motor, skateboard, sepeda BMX, parkour, dan berbagai komunitas lainnya.

Ia lahir dengan nama lengkap Tengku Hanan Attaki pada12 Juli 1981 di Banda Aceh yang kala itu masih di bawah provinsi yang bernama Daerah Istimewa Aceh (kini bernama Aceh).

Sebelum terjun ke dunia dakwah, Hanan Attaki ‘hijrah’ ke Mesir dan belajar di Fakultas Ushuluddin, Jurusan Tafsir al-Qur’an, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Ia lulus dari perguruan tinggi tersebut dan  memperoleh gelar licence (Lc.) pada tahun 2004.

Pendiri Pemuda Hijrah

Sekilas, penampilan Hanan Attaki tak seperti pendakwah pada umumnya. Pasalnya ia kerap mengenakan baju flannel dan topi beanie bak seorang skaters. Adapun gaya Hanan yang gaul tersebut membuat dakwahnya populer di para pemuda.

Ia juga memberikan gaya bahasa yang kekinian sehingga kini ia memiliki penggemar yang turut setia mendengarkan tausiahnya.

Hanan juga merupakan pendiri gerakan Pemuda Hijrah, yakni sebuah komunitas yang beranggotakan para kawula muda yang mengambil keputusan untuk mendalami syariat Islam melalui cara-cara kekinian yang dibawakan oleh Hanan Attaki.

Pemuda Hijrah memiliki saluran (channel) di YouTube yang mengunggah konten-konten dalam format kekinian seperti vlog. Kanal Youtube tersebut menjadi salah satu media bagi Hanan Attaki untuk membagikan ilmu agama Islam dalam kemasan yang mudah dipahami pemuda.

Hanan juga memiliki kanal pribadinya untuk memuat video ceramah.

Kontributor : Armand Ilham

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bakal Calon Pilwali Kendari Gelar Jumat Berbagi

KENDARI, PUBLIKSULTRA.ID – Si Gemoy Kendari (Yudianto Mahardika) melakukan berbagi j…