Home Berita Singapura dan Amerika Tawarkan Bantuan ke Indonesia Menyelidiki Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air

Singapura dan Amerika Tawarkan Bantuan ke Indonesia Menyelidiki Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air

4 min read
0
0
992
Proses Pemindahan Serpihan Sriwijaya Air SJ182 ke Daratan (Foto: DEDYISTANTO)

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sudah bergerak merespons jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 di perairan Kepulauan Seribu. KNKT mendapat tawaran kerja sama investigasi dari otoritas Singapura dan Amerika dalam penyelidikan.

“Kemudian KNKT juga sudah menerima tawaran dari transportation safety investigation Bureau (TSIB) Singapore yang mana mereka akan membantu melakukan pencarian black box,” kata Ketua Sub Komite IK Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, dilansir detik.com, Minggu (10/1/2021).

“KNKT juga sudah melakukan koordinasi dengan otoritas Amerika yaitu NTSB dan sudah ditunjuk Michael Holfs yang akan menjadi accreditate representatif di investigasi kecelakaan pesawat ini,” lanjut Nurcahyo.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Pesan Terakhir Pilot Sriwijaya Air SJ182 : “Setinggi Apapun Aku Terbang Tidak Mencapai Surga Jika Tidak Shalat 5 Waktu”[/quotes]

Namun, untuk kedatangan tim tersebut, Nurcahyo mengatakan masih dalam proses mendapatkan izin. Sebab, Indonesia saat ini tengah menutup pintu bagi WNA, sebagai antisipasi virus Corona varian baru.

“Untuk kedatangan dari pihak-pihak dari luar negeri KNKT masih bekerja sama untuk mendapatkan izin sehubungan dengan peraturan pemerintah larangan bagi warga negara asing untuk masuk ke Indonesia sampai tanggal 14 Januari. Apabila nanti kondisi memungkinkan maka tim ini mungkin akan datang membantu KNKT di Indonesia,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya meminta KNKT melakukan penyelidikan terhadap jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182. Jokowi juga memerintahkan pencarian yang maksimal untuk korban kecelakaan pesawat rute Jakarta-Pontianak itu.

“Dan saya juga telah menyampaikan kepada KNKT untuk melakukan kajian penyelidikan terhadap musibah ini,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan pemerintah akan melakukan upaya terbaik dalam proses evakuasi. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk berdoa atas musibah jatuhnya Sriwijaya Air SJ182 itu.

“Kita lakukan upaya yang terbaik untuk menemukan dan menyelamatkan korban dan kita doakan bersama, kita berdoa secara bersama-sama agar para korban bisa ditemukan,” jelasnya. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Harianhaluan

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Pabrik Tesla Rugi Miliaran Dolar AS, Begini Penuturan Elon Musk

PUBLIKSULTRA.ID – Elon Musk, pemilik perusahaan mobil listrik kenamaan Tesla mengung…