Home Berita Layanan Taksi Terbang Sudah Bisa Dinikmati di Bandara Soetta

Layanan Taksi Terbang Sudah Bisa Dinikmati di Bandara Soetta

5 min read
0
0
747
Ilustrasi Bandara

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) memiliki layanan taksi terbang menggunakan helikopter atau helicity diberi nama Cengkareng Heliport. Heliport ini adalah yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia.

“Bandara Soekarno-Hatta itu sudah memiliki 1 fasilitas heliport, jadi satu-satunya bandara di Indonesia (yang punya heliport),” ujar President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam IG Live AP2 Comes To You bertema ‘Taksi Terbang? Emang Ada? Ada!’, Jumat (26/2/2021), dilansir detik.com.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Ikuti 4 Tips Sederhana Ini untuk Mengatasi Kulit Kering[/quotes]

Sebab baru beroperasi, layanan taksi terbang ini baru bisa melayani penerbangan dari Cengkareng Heliport ke 72 titik helipad di Jabodetabek begitupun sebaliknya. Maupun antar 72 titik tersebut pun bisa dilayani.

Berikut Wilayah yang Dilayani Taksi Terbang dari dan menuju Soetta:

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : JK: Buzzer Sumber Kekacauan di Tanah Air[/quotes]

1. Jakarta (5 wilayah Jakarta)
2. Cengkareng
3. Kepulauan Seribu
4. Tangerang
5. Bogor/Puncak
6. Tangerang Selatan
7. Serpong
8. Bekasi
9. Depok
10. Cikarang
11. Karawang
12. Sentul
13. Bandung
14. Cibubur
15. Anyer
16. Cilegon
17. Sukabumi
18. Pelabuhan Ratu

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, selain di bandara Soetta, layanan taksi terbang ini rencananya akan diperluas ke beberapa bandara lain yang masih dikelola oleh AP II.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jokowi Lantik Tiga Gubernur Sekaligus, Siapa Saja Orangnya?[/quotes]

Namun, ia mencatat, perluasan layanan taksi terbang di bandara lainnya akan sangat bergantung pada ketersediaan lahan di bandara bersangkutan.

“Buka heliport-nya bukan hanya di Soetta tapi juga di bandara lain. Mungkin Kertajati, yang masih ada space. Bali juga menarik, untuk juga jadi satu topik baru untuk mendukung pariwisata kita,” beber dia.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Penegasan Mahfud MD, Revisi UU ITE Bisa Dilakukan[/quotes]

Untuk di Bandara Soekarno Hatta sendiri sudah tersedia heliport yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hanggar khusus helikopter, kawasan kantor, fasilitas beserta personel untuk evakuasi medis, 1 shooting point dengan 7 parking stand. Sehingga heliport itu bisa menampung sekitar 40 helicopter sekaligus.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : detik.com

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…