Home Berita 7 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan, Orangtua Perlu Lakukan dari Sekarang

7 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan, Orangtua Perlu Lakukan dari Sekarang

5 min read
0
0
294
Ilustrasi tips mengajarkan anak berpuasa. (Pixabay/ambroo)

publiksultra.id – Para orang tua biasanya akan mulai mengenalkan apa dan bagaimana cara berpuasa kepada anak-anaknya menjelang bulan Ramadhan. Lalu adakah tips mengajarkan anak berpuasa?

Sebab jika tidak diajarkan, anak justru marah dan menolak untuk berpuasa saat Ramadhan. Meski demikian, bukan berarti mengajarkan anak berpuasa adalah hal yang mustahil. Nyatanya, terdapat berbagai cara menyenangkan yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak-anaknya berpuasa.

Melansir Have Halal With Travel, berikut beberapa tips untuk orang tua ajarkan anak berpuasa dengan cara yang menyenangkan.

1. Latih rutinitas selama bulan Ramadhan

Orang tua dapat memulainya dengan mengajarkan rutinitas yang dilakukan selama Ramadhan. Coba ajarkan anak untuk bangun sahur bersama. Setelah itu, minta anak untuk berpuasa, bisa memulainya dengan beberapa jam. Keesokan harinya, jam puasanya bisa ditambah hingga ia bisa berbuka di waktu Maghrib.

baca juga : Ini Keutamaan Membagikan Takjil dan Makanan Buka Puasa Ramadhan

2. Kurangi makanan manis dan asin

Untuk mengajarkan anak berpuasa, cobalah saat berbuka atau sahur mengurangi makanan asin dan manis. Pasalnya, makanan manis dan asin akan membuat nafsu makan anak semakin meningkat sehingga sulit menahannya saat berpuasa. Untuk itu, coba kurangi makanan manis dan asin sehingga hasrat makannya menjadi berkurang,

3. Beri penghargaan

Orang tua bisa memulai dengan memberikan penghargaan pada anaknya jika berhasil puasa penuh. Hadiah ini bisa berupa hal-hal kecil, seperti makanan yang diinginkannya. Itu akan membuat semangat berpuasanya menjadi meningkat.

baca juga : Puasa, Ini Tips Memilih Menu Sahur dan Buka yang Sehat

4. Selalu perhatikan kemajuan anak

Melatih anak berpuasa pasti membutuhkan waktu. Biasanya mereka akan memulai dengan berpuasa hanya beberapa jam. Namun, keesokan harinya bisa diubah menjadi lebih lama. Oleh karena itu, orang tua dapat terus memantau perkembangannya.

5. Mempersiapkan buka bersama

Cara lain yang menyenangkan lainnya yaitu dengan mempersiapkan menu berbuka bersama anak. Mengajak anak menyiapkan menu berbuka, bahkan sahur akan membuat anak semangat untuk berpuasa.

baca juga :

6. Ajari anak maksud berpuasa

Orang tua juga bisa jelaskan kepada anak apa itu puasa. Hal ini mendorongnya untuk memahami mengapa puasa harus dilakukan. Selain itu, menjelaskan makna puasa akan menambah pengetahuan dirinya tentang agama. Orang tua juga bisa jelaskan doa-doa saat berpuasa serta hal-hal baik lainnya.

7. Beri contoh

Hal penting lainnya untuk mengajarkan anak berpuasa yaitu dengan memberinya contoh. Orang tua harus memberi contoh yang baik dalam berpuasa. Hal ini karena orang tua akan menjadi hal utama untuk anak belajar. Oleh karena itu, tips mengajarkan anak berpuasa paling penting adalah orang tua juga harus melakukannya dengan baik.

sumber: suara.com

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Penyerahan Bantuan kepada Kaum Dhuafa Ring 1 Kantor PLN UPT Kendari

Kendari, 1 Juli 2024 – PLN UPT Kendari melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) menyerahkan…