Home Berita Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap untuk Keluarga dan Para Ulama di Hari Lebaran

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap untuk Keluarga dan Para Ulama di Hari Lebaran

7 min read
0
0
735
Warga melakukan ziarah makam di TPU Menteng Pulo, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto] – doa ziarah kubur lengkap

publiksultra.id – Ziarah kubur menjadi aktivitas yang rutin dilakukan berbagai kalangan menjelas Idul Fitri. Doa ziarah kubur lengkap perlu dipelajari karena salah satu tujuan ziarah adalah mendoakan orang-orang yang telah berpulang terlebih dahulu.

Jika anda berencana melakukan ziarah kubur untuk menyambut Idul Fitri maupun hari-hari lain, berikut adalah doa-doa yang bisa dibaca lengkap. Doa ziarah kubur lengkap ini berlaku baik untuk menziarahi keluarga maupun makam wali Allah Swt.

Salah satu dasar anjuran ziarah kubur ini adalah sabda Rasulullah yang artinya, “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim).

baca juga : 7 Tips Mengajarkan Anak Berpuasa di Bulan Ramadhan, Orangtua Perlu Lakukan dari Sekarang

Terkait doa ziarah kubur, Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menganjurkan para peziarah untuk mengawali dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam kemudian memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dzikir, serta mendoakan ahli kubur di daerah yang diziarahi dan semua umat Islam.

Rasulullah mencontohkan kepada kita semua saat ziarah kubur untuk mengucapkan salam dengan lafal, “Assalamu‘alaikum dara qaumin mu’minin wa atakum ma tu‘adun ghadan mu’ajjalun, wa inna insya-Allahu bikum lahiqun

baca juga : Puasa, Ini Tips Memilih Menu Sahur dan Buka yang Sehat

Artinya: “Assalamu’alaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Tuhan yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

Saat berada di makam wali atau orang saleh, para ulama biasanya melafalkan shalawat ‘Salamullâh Yâ Sâdah’ sebagaimana telah dipublikasikan NU Online dalam tulisan berjudul Qasidah ‘Salamullahi Ya Sadah’, Dibaca saat Ziarahi Makam Wali. Ini juga termasuk bagian dari doa ziarah kubur.

Bismillahirrahmânirrahîm 

Salamullahi ya sadah minar-Rahmani yaghsyakum 

Ibadallahi ji’nakum qashadnakum thalabnakum

Tu’inuna tughitsuna bihimmatikum wa jadwakum 

Fa ahbuna wa a’thuna ‘athayakum hadayakum 

Fala khayyabtumu dzanni fahasyakum wahasyakum 

Sa’idna idz ataynakum wa fuzna hina zurnakum 

Faqumu wasyfa’u fîna ilar-rahmani mawlakum 

‘Asa nuhdza ‘asa nu’tha mazaya min mazayakum

‘Asa nadzrah ‘asa rahmah taghsyana wa taghsyakum 

Salamullahi hayyakum wa ‘ainullahi tar’akum 

Wa shallallahu mawlana wasallam ma atainakum 

‘Alal mukhtari syafi’ina wa munqidzina wa iyyakum 

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Wahai Tuanku, semoga salam Allah tetap tercurah padamu. Wahai hamba-hamba Allah, kami datang kepadamu. Kami bermaksud (bersentuhan dengan rohanimu) dan kami berharap (berkahmu). Untuk menolong kami, menyejukkan kami dengan siraman yang berasal darimu, sesuai dengan tekad dan pencapaianmu (selama ini). Maka cintailah dan berikanlah kepada kami hal-hal yang Allah berikan dan hadiahkan padamu.”

baca juga : Ini Keutamaan Membagikan Takjil dan Makanan Buka Puasa Ramadhan

 “Jangan biarkan pengharapan ini sia-sia, jauhlah engkau semua (dari sifat tega menyia-nyiakan kami). Kami sangat beruntung datang di haribaanmu dan kami amat berbahagia dengan menziarahimu, maka bangkitlah dan syafaatilah kami bermohon pada Allah yang bersifat ar-Rahman, Tuanmu. Mudah-mudahan kami diberi (Allah) keberuntungan dan diberi limpahan karunia yang selama ini dianugerahkan kepadamu.”

“Mudah-mudahan kita dipandang dan dilimpahi rahmat yang akan menyelimuti kami dan engkau. Semoga engkau semakin dihidupkan dengan keselamatan (dari) Allah dan semoga pandangan Allah senantiasa menuntun engkau. Mudah-mudahan rahmat Allah dan keselamatan semakin terlimpah kepada tuan kita, manusia pilihan yang mensyafaati dan menyelamatkan kita.”

Itulah bacaan doa ziarah kubur lengkap dalam arab latin dan artinya. Bacakan saat ke makam keluarga dan para ulama di hari lebaran.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Pengantar kepada Teknologi Wireless: Sejarah dan Evolusi

Pendahuluan Dalam dunia yang semakin terkoneksi ini, teknologi wireless menjadi bagian pen…