Home Berita TUMBUHKAN LITERASI QUR’AN MAHASISWA, LDK ULUL ALBAAB UHO SELENGGARAKAN SEMINAR LITERASI

TUMBUHKAN LITERASI QUR’AN MAHASISWA, LDK ULUL ALBAAB UHO SELENGGARAKAN SEMINAR LITERASI

4 min read
0
0
892

publiksultra.id – Sebanyak 222 mahasiswa memadati aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) mengikuti kegiatan seminar literasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Ulul Albaab UHO, Sabtu (24/06/2023).

Seminar tersebut dihadiri langsung oleh birokrasi FMIPA UHO, yakni Wakil Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD3) FMIPA UHO, Dr. Mukhsar, S.Si., M.Si. untuk memberikan sambutannya mewakili Dekan FMIPA UHO yang semula dijadwalkan untuk memberikan opening speach dalam acara tersebut.

Mengusung tema “Mewujudkan Tridarma Perguruan Tinggi melalui Budaya Literasi Cinta Al-Qur’an” panitia menghadirkan 2 pemateri yakni, Bapak Yamin Taeri, S.Pd., M.Sc. (Dosen Farmasi UHO) dengan memaparkan materi “Literasi Sains dalam Perspektif Al-Qur’an” dan Ust. KH. Syaiful Yusuf, Lc., M.A. (Dosen STIBA Makassar) dengan memaparkan materi “Literasi dan Peradaban Islam”.

Ketua Umum LDK Ulul Albaab UHO akh Wally Abdian dalam sambutanya menyebutkan tujuan diadakannya kegiatan ini. “Tujuan diadakannya kegiatan ini yang pertama untuk meningkatkan minat baca mahasiswa sebab data minat baca di Negara kita sangat minim sekali dimana dalam salahsatu penelitian mengatakan bahwa negara Indonesia berada pada posisi 60 dari 61 negara dan kita sebagai mahasiswa harus menjadi agen perubahan”.

“Salahsatu tujuan lainnya adalah untuk memotivasi kita bahwa literasi terbaik disamping membaca buku adalah literasi Al-Qur’an dimana Nabi Shalallahu ‘alaihi wasalam menyebutkan dalam haditsnya bahwa membaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan 10 pahala dari 1 huruf yang kita baca darinya”. Tuturnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WD3) FMIPA UHO juga dalam sambutannya menyampaikan rasa ketertarikan dengan acara ini.

“Saya sangat tertarik dengan kegiatan seperti ini. Apa yang diungkapkan oleh ketua LDK Ulul Albaab tadi, adab diatas ilmu. Ilmu itu tidak ada apa-apanya kalau kita tidak punya etika. Tuturnya.

Beliau juga memiliki harapan dengan adanya kegiatan seperti ini adik-adik mahasiswa lebih memetingkan adab. “Jadi dengan harapan kegiatan-kegiatan seperti ini saya kira ade-ade mahasiswa, khususnya di UHO kita lebih memetingkan adab. Untuk apa ilmunya tinggi tapi adabnya. Literasi ini perlu terus kita tingkatkan baik strategis dan lingkup-lingkup kegiatannya bisa menjangkau kesemua mahasiswa”.

“Disamping kita dituntut untuk memiliki kemampuan individu yang perlu ditingkatkan. Seimbang antara dalam kelas dengan diluar kelas karena akan membangun karakter kita bagaimana kita memiliki keadaban yang tinggi”. imbuhnya.

Diakhir sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pengurus LDK Ulul Albaab yang telah menjadi panutan untuk mahasiswa.

Kontributor: Andri Adi

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Penyerahan Bantuan kepada Kaum Dhuafa Ring 1 Kantor PLN UPT Kendari

Kendari, 1 Juli 2024 – PLN UPT Kendari melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) menyerahkan…