Home Berita Sah Jadi Menpora, Dito Ariotedjo Tinggalkan RANS Nusantara FC

Sah Jadi Menpora, Dito Ariotedjo Tinggalkan RANS Nusantara FC

6 min read
0
0
324
Menpora Dito Ariotedjo (tengah). [ANTARA/Mentari Dwi Gayati]

publiksultra.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang baru dilantik, Dito Ariotedjo berjanji akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai chairman klub BRI Liga 1, RANS Nusantara FC. Ia mengaku tak ingin terlibat konflik kepentingan saat menjabat Menpora.

“Dito menjelaskan, tugas Menpora adalah menaungi semua cabang olahraga dan setiap klub yang berada di dalamnya. Karena itu, ia tak bisa lagi mengemban posisi di salah satu klub sepak bola.

“Pastilah (mundur dari RANS), kan otomatis sebagai Menpora saya harus menaungi semua stakeholder, jadi tidak ada conflict of interest, jadi saya akan mundur,” ujar Dito usai pelantikan di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Kader Golkar ini juga meyakini pengunduran dirinya sebagai Chairman tidak akan berimbas besar pada klub. Sebab, tugasnya bisa digantikan oleh Chairman lainnya.

“Di Rans sebenarnya chairman-nya kan ada tiga. Saya mundur, nonaktif enggak masalah,” tuturnya.

Selain itu, pemilik RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad juga disebutnya mendukung penuh dirinya yang kini mengemban jabatan baru sebagai Menpora.

“(Raffi) Bahagia lah karena (saya) mendapat tugas yang lebih besar,” pungkasnya.

baca juga : Ini Sebab Raffi Ahmad Dicurigai sebagai Artis yang Terima Pencucian Uang Rafael Alun

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (3/4/2023). Dengan demikian, kursi Menpora yang ditinggal Zainuddin Amali itu telah diisi oleh Dito.

Pelantikan Dito ini sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju. Bersamaan dengan Dito, Jokowi juga melantik Komjen Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Acara diawali dengan Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kemensetneg Nanik Purwanti membacakan Keputusan Presiden RI Nomor 26/P Tahun 2023 yang berisi tentang pengangkatan Dito sebagai Menpora dan Keppres 51/TPA Tahun 2023 mengenai pemberhentian dan pengangkatan jabatan Kepala BNPT.

baca juga : Gigi dan Baby R Tampil Bersama, Warganet Malah Sorot yang Lain

Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian, Jokowi membacakan sumpah jabatan dan kemudian diikuti oleh Dito dan Rycko.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian bunyi sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” lanjutnya.

Setelah itu, keduanya melakukan penandatanganan berita acara pelantikan. Acara diakhiri dengan Jokowi yang menyalami keduanya.

Diketahui, lelaki bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini akan menggantikan Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora. Dito Ariotedjo merupakan salah satu nama yang diusulkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto ke Presiden Jokowi.

baca juga : Berapa Sih Kekayaan Raffi Ahmad?

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Dito juga pernah menjabat Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

sumber: suara.com

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Calon Wali Kota Kendari Yudhi Mahardika Kurban 13 Ekor Sapi

KENDARI, PUBLIKSULTRA.ID – Calon Wali Kota Kendari Yudhi Mahardika atau yang kerap d…