Home Berita Ranking FIFA Terbaru Jadi Bukti Indonesia Berkembang di Bawah Shin Tae-yong

Ranking FIFA Terbaru Jadi Bukti Indonesia Berkembang di Bawah Shin Tae-yong

6 min read
0
0
410
Shin Tae-yong (Dwi Prima Putra)

PUBLIKSULTRA.ID – Timnas Indonesia yang sedang berjuang di Piala AFF 2020 mendapat dorongan kabar baik dari peningkatan yang mereka buat di Ranking FIFA terbaru yang update pada Desember 2021.

Peningkatan yang dialami Indonesia sejak diasuh Shin Tae-yong merupakan bukti bahwa kerja keras sang pelatih selama menangani skuat Garuda sudah mulai terlihat hasilnya sedikit demi sedikit.

Sekarang tingga kesabaran yang diperlukan sampai nanti Shin Tae-yong dapat mempersembahkan trofi bagi Timnas Indonesia, sesuatu yang sudah didambakan cukup lama oleh masyarakat Indonesia.

Rangking FIFA 2021 Indonesia hanyalah salah satu bukti dari beberapa pekerjaan hebat yang sudah dilakukan Shin Tae-yong, berikut ini adalah beberapa bukti perkembangan Timnas Indonesia di bawah pelatih asal Korea Selatan itu:

1. Lolos ke Semifinal Piala AFF 2020

Perkembangan paling signifikan dari Timnas Indonesia era Shin Tae-yong adalah kelolosan mereka ke semifinal Piala AFF 2020, apalagi skuat Garuda berhasil lolos ke semifinal dengan memuncaki grup mereka. Tanpa kekalahan menjadi bukti solidnya Timnas Indonesia di fase grup.

Dengan anggapan bahwa Timnas Indonesia bukanlah negara favorit di turnamen ini, Shin Tae-yong berhasil mengubah harapan tidak diinginkan itu dengan menjadi pemompa semangat bagi para pemainnya, yang kini lolos ke semifinal Piala AFF 20202.

Indonesia sudah bertemu Singapura dalam leg pertama semifinal Piala AFF 2020, laga yang berkesudahan dengan skor 1-1. Di atas kertas, peluang kedua tim masih sama baiknya, namun dengan sedikit kelebihan dalam hal kualitas individu pemain, skuat Garuda seharusnya bisa lolos ke final turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara.

2. Punya Skuat Muda yang Bisa Terus Berkembang

Selain lolos ke semifinal di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong juga berusaha mebangun sebuah filosofi baru bagi para pemain Indonesia dengan memainkan lebih banyak bola-bola bawah. Hasil kinerja Shin Tae-yong dengan anak asuhnya sempat terlihat dalam gol ke gawang Malaysia dan Singapura.

Pembangunan yang dilakukan Shin Tae-yong bisa dibilang cukup total, karena pelatih asal Korea Selatan ini hanya memanggil beberapa pemain senior, dia lebih percaya dengan bakat-bakat muda Indonesia, yang bisa jadi andalan skuat Garuda pada masa depan.

Fakta mengatakan bahwa kelolosan Indonesia ke semifinal Piala AFF 2020 terjadi dengan mengandalkan skuat muda, Indonesia menjadi tim dengan rata-rata usia termuda dibandingkan 3 semifinalis lainnya yakni Vietnam, Singapura dan Thailand.

3. Jadi Negara Paling Berkembang di Rangking FIFA Negara 2021

Ranking FIFA 2021 Indonesia pada bulan terakhir 2021 memang masih kalah dengan Malaysia, Vietnam, Singapura atau Thailand, tapi dari segi perkembangan Indonesia menjadi negara dengan peningkatan poin terbanyak di Rangking FIFA Negara 2021 dan Ranking FIFA 2021 Asia.

Dalam rilisan terbaru yang dikeluarkan FIFA pada 23 Desember 2021, Indonesia mengalami peningkatan yang sangat drastis dalam hal poin, hal ini diakibatkan karena banyaknya pertandingan resmi FIFA yang dijalani skuat Garuda.

Total poin Indonesia di Rangking FIFA Negara 2021 adalah 992.31 mengalami peningkatan sebesar 11.13 poin, setelah sebelumnya memiliki 981.18 poin. Fakta ini menjadi indikasi jelas bahwa Timnas Indonesia sedang berada di jalur yang benar di bawah Shin Tae-yong, dengan usia rata-rata pemain yang masih muda, Timnas Indonesia setidaknya bisa berharap lagi dapat menjadi raja di Asia Tenggara bersama pelatih yang mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018 bersama Korea Selatan.

Sumber: harianhaluan

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Jenis Serangan Buffer Overflow

Pendahuluan Buffer overflow adalah salah satu jenis serangan yang sering terjadi dalam dun…