Home Artikel Pentingnya Kuasai Ilmu Teknologi Ini, di Tahun 2021

Pentingnya Kuasai Ilmu Teknologi Ini, di Tahun 2021

8 min read
0
0
104


Artikel – Teknologi saat ini berkembang begitu pesat, memungkinkan perubahan dan kemajuan yang lebih cepat, menyebabkan percepatan laju perubahan, hingga akhirnya menjadi sebuah kebutuhan.

Namun, bukan hanya tren teknologi teratas yang berkembang. Lebih banyak lagi yang berubah tahun ini, akibat merebaknya Covid-19 yang membuat para profesional TI menyadari bahwa peran mereka tidak akan tetap sama di dunia nirkabel ke depannya.

Seorang profesional TI di 2021 akan terus belajar, berhenti belajar, dan belajar kembali (karena kebutuhan jika tidak diinginkan). Berikut teknologi yang akan terus berkembang di tahun 2021. Simak ulasan berikut!

1. Kecerdasan Buatan (AI) dan machine learning
Kecerdasan Buatan atau AI telah banyak dikenal dalam beberapa dekade terakhir dan terus menjadi salah satu tren teknologi baru, karena efeknya yang menonjol pada cara kita hidup, bekerja, dan bermain. AI sudah dikenal dengan keunggulannya dalam pengenalan gambar dan ucapan, aplikasi navigasi, asisten pribadi smartphone, aplikasi berbagi perjalanan, serta lain sebagainya.

Selain itu, AI akan digunakan lebih lanjut untuk menganalisis interaksi, guna menentukan koneksi dan wawasan yang mendasarinya, untuk membantu memprediksi permintaan layanan, seperti rumah sakit yang memungkinkan pihak berwenang membuat keputusan lebih baik tentang pemanfaatan sumber daya, dan untuk mendeteksi perubahan pola perilaku pelanggan dengan menganalisis data dalam waktu dekat.

Machine Learning bagian dari AI juga sedang digunakan di semua jenis industri, menciptakan permintaan besar untuk para profesional yang terampil. Forrester memperkirakan AI, pembelajaran mesin, dan otomatisasi akan menciptakan 9 persen pekerjaan baru AS pada tahun 2025. Pekerjaan termasuk profesional pemantauan robot, data scientist, spesialis otomatisasi, dan kurator konten, menjadikannya tren teknologi baru lainnya yang harus Anda ingat juga.

2. Robotic Process Automation (RPA)
Seperti AI dan Machine Learning, Robotic Process Automation, atau RPA , adalah teknologi lain yang mengotomatiskan pekerjaan. RPA adalah penggunaan perangkat lunak untuk mengotomatisasi proses bisnis, seperti menafsirkan aplikasi, memproses transaksi, menangani data, dan bahkan membalas email. RPA mengotomatiskan tugas berulang yang biasa dilakukan orang.

Bagi Anda sebagai profesional TI yang melihat ke masa depan dan mencoba memahami tren teknologi baru, RPA menawarkan banyak peluang karier, termasuk pengembang, manajer proyek, analis bisnis, arsitek solusi, dan konsultan.

3. Virtual Reality dan Augmented Reality
Tren teknologi luar biasa berikutnya – Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), dan Extended Reality (ER). VR membenamkan pengguna dalam suatu lingkungan sementara AR meningkatkan lingkungan mereka. Meskipun tren teknologi ini terutama digunakan untuk bermain game, tren ini juga telah digunakan untuk pelatihan, seperti halnya VirtualShip , perangkat lunak simulasi yang digunakan untuk melatih kapten kapal Angkatan Laut, Angkatan Darat, dan Penjaga Pantai AS.

Pada tahun 2021, kita dapat mengharapkan bentuk-bentuk teknologi ini semakin terintegrasi ke dalam kehidupan kita. Biasanya bekerja bersama dengan beberapa teknologi baru lainnya yang telah disebutkan dalam daftar ini, AR dan VR memiliki potensi besar dalam pelatihan, hiburan, pendidikan, pemasaran, bahkan rehabilitasi setelah cedera. Bisa digunakan untuk melatih dokter melakukan operasi, menawarkan pengalaman yang lebih dalam kepada pengunjung museum, meningkatkan taman hiburan, atau bahkan meningkatkan pemasaran.

4. Internet of Things (IoT)
Tren teknologi baru yang menjanjikan lainnya adalah IoT. Banyak “benda” sekarang sedang dibangun dengan konektivitas WiFi, yang berarti mereka dapat terhubung ke Internet dan satu sama lain. Oleh karena itu, Internet of Things, atau IoT adalah masa depan dan telah diaktifkan di berbagai perangkat, peralatan rumah, mobil dan banyak lagi yang bisa terhubung lewat pertukaran data melalui Internet.

Beberapa orang sudah menggunakan dan memanfaatkan IoT. Mereka dapat mengunci pintu dari jarak jauh jika mereka lupa ketika berangkat kerja, dan memanaskan oven dalam perjalanan pulang kerja, sambil melacak kebugaran kami di Fitbits. Namun, bisnis juga memiliki banyak keuntungan sekarang dan dalam waktu dekat. IoT dapat memungkinkan keamanan, efisiensi, dan pengambilan keputusan yang lebih baik untuk bisnis saat data dikumpulkan dan dianalisis. Ini dapat mengaktifkan pemeliharaan prediktif, mempercepat perawatan medis, meningkatkan layanan pelanggan, dan menawarkan manfaat yang bahkan belum pernah kita bayangkan.

5. Cyber security
Keamanan siber mungkin tidak tampak seperti teknologi yang sedang tren, mengingat telah ada selama beberapa waktu, tetapi berkembang seperti halnya teknologi lainnya. Itu karena ancaman selalu baru.

Peretas jahat yang mencoba mengakses data secara ilegal tidak akan menyerah dalam waktu dekat, dan mereka akan terus mencari cara untuk melewati tindakan keamanan terberat sekalipun. Ini juga sebagian karena teknologi baru sedang diadaptasi untuk meningkatkan keamanan. Selama kita memiliki peretas, keamanan siber akan tetap menjadi teknologi yang sedang tren karena akan terus berkembang untuk bertahan melawan peretas tersebut. Dilansir Yoursai.id

Load More Related Articles
Load More By Sardin Daris
Load More In Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Begini Cara dan Manfaat Jaga Kebersihan Lingkungan

Artikel – Selama pandemi berlangsung, kamu dan keluarga banyak menghabiskan waktu di…