Home Berita Masyarakat Lebih Percaya Medsos, Menkominfo Minta Pers Ubah Proses Pemberitaan

Masyarakat Lebih Percaya Medsos, Menkominfo Minta Pers Ubah Proses Pemberitaan

5 min read
3
0
397
ilustrasi

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate mengungkapkan, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Katadata dan Kementerian Kominfo pada 2020 memperlihatkan dominasi media sosial (medsos) sebagai kanal informasi yang paling dipercaya masyarakat.

“Ini yang harus kita sadari bersama, masyarakat memercayai media sosial sebagai kanal informasi terpercaya, sekitar 20 persen dari mereka yang menyatakan demikian,” kata Menteri Kominfo dalam Konvensi Media Massa HPN 2021 yang berlangsung secara virtual, Senin (08/02/2021).

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Aufar Tulis Sindiran di Medsos, Olla Ramlan Selingkuh?[/quotes]

Melihat fenomena tersebut, Menteri Kominfo mengajak industri pers dan media massa untuk mengubah proses pemberitaan menjadi semakin ringkas dan efisien.

“Sebab, kebangkitan media sosial sebagai media yang dipercaya masyarakat dapat memantik berbagai isu di masa depan, seperti permasalahan hak cipta, hak reproduksi konten atau publisher right,” Johnny Plate.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Abu Janda Yakin Polisi Tak Bisa Dijadikan Alat Dendam Politik[/quotes]

Meski digitalisasi membuat pers dan media melakukan perubahan dalam berbagai proses bisnis yang ada, dimintanya jangan sampai semangat untuk terus memberitakan informasi yang aktual, faktual, dan akuntabel. Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dapat menjadi momentum untuk meningkatkan komitmen pers dalam membangun media massa yang aktual, faktual, dan akuntabel.

“Saya tentu berharap pada konvensi hari ini, rekan-rekan pers beserta seluruh insan media yang terkait dapat semakin memperkuat komitmen kita bersama sekaligus memperluas peran media dalam membangun media massa yang aktual, faktual dan tidak kurang juga harus akuntabel,” kata Johnny.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Harga Emas Hari Ini Termurah Dalam 6 Bulan Terakhir[/quotes]

Menteri Kominfo menegaskan, momentum HPN 2021 sangat penting, mengingat media adalah akselerator perubahan dan juga pilar demokrasi.

“Di satu sisi kita berbicara kebebasan yang luar biasa, tentu itu terkait dengan konten. Tapi di sisi yang lain kita membutuhan juga regulasi-regulasi yang kuat dalam mengatasi kompetisi yang sangat luar biasa,” jelasnya.

Baca Juga : Disambangi Menpora, Kapolri Bahas Kegiatan Olahraga Bisa Terlaksana Saat Pandemi

Johnny mengajak seluruh insan pers untuk berkomitmen membangun media massa yang lebih baik dengan merujuk pada agenda-agenda yang telah disepakati pada HPN sebelumnya. (*)

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

3 Comments

  1. […] Baca Juga : Masyarakat Lebih Percaya Medsos, Menkominfo Minta Pers Ubah Proses Pemberitaan […]

    Reply

  2. […] Baca Juga : Masyarakat Lebih Percaya Medsos, Menkominfo Minta Pers Ubah Proses Pemberitaan […]

    Reply

  3. […] Baca Juga : Masyarakat Lebih Percaya Medsos, Menkominfo Minta Pers Ubah Proses Pemberitaan […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Pabrik Tesla Rugi Miliaran Dolar AS, Begini Penuturan Elon Musk

PUBLIKSULTRA.ID – Elon Musk, pemilik perusahaan mobil listrik kenamaan Tesla mengung…