Home Berita Jadi Makanan Khas Lebaran, Ini 4 Fakta Ketupat yang Wajib Kamu Ketahui

Jadi Makanan Khas Lebaran, Ini 4 Fakta Ketupat yang Wajib Kamu Ketahui

5 min read
0
0
495
Ketupat (pexels/Zuraisham Salleh)

publiksultra.id – Ketupat sudah bukan menjadi makanan asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang sangat identik dengan lebaran ini memiliki bentuk yang berbeda dan unik. Ketupat dibuat dari beras yang dibungkus anyaman yang terbuat dari daun kelapa muda alias janur. Ketupa biasanya disajikan dengan makanan khas lebaran lain seperti opor ayam, gulai dan rendang. Tanpa ketupat, momen makan bersama saat lebaran pasti akan terasa kurang.

baca juga : Boleh Dicoba! 5 Makanan Ini Bikin Enggak Gampang Lelah!

Ketupat memang memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari bentuk sampai asal-usulnya, ketupat memiliki makna yang sangat unik dan jarang diketahui. Berikut beberapa fakta ketupat yang dilansir dari laman Suara.com.

1. Dipelopori oleh Sunan Kalijaga

Ketupat diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga dalam rangka berdakwah menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sunan Kalijaga memang terkenal dengan pendekatan budaya untuk menyiarkan agama Islam. Kala itu, masyarakat Jawa bisa menerima ajaran agama Islam melalui budaya yang diajarkan oleh Sunan Kalijaga, salah satunya adalah ketupat.

baca juga : 4 Makanan yang Bisa Bantu Anda Cegah Kanker Payudara

Seiring dengan berjalannya waktu, ketupat kemudian dihubungkan dengan ungkapan bahasa Jawa, yaitu ‘Ku’ yang berarti mengaku dan ‘Pat’ yang berarti lepat atau kesalahan. Jadi, ketupat yang dalam bahasa Jawa disebut Kupat memiliki makna ngaku lepat atau mengakui kesalahan.

2. Sudah Ada Sejak Abad 15

Ketupat sebenarnya sudah ada sejak abad ke 15, yaitu pada masa Kerajaan Demak. Pada awalnya, masyarakat Jawa memiliki kebiasaan menggantung ketupat di depan pintu rumah. Hal ini dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan tersendiri untuk orang-orang yang melakukannya. Untuk menyebarkan agama Islam, Sunan Kalijaga kemudian menggunakan pendekatan tersebut untuk menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

baca juga : Sering Beli Makanan di Luar Rumah? Cermati 4 Hal Ini

3. Simbol Kesucian dan Kesalahan

Para ahli menggambarkan ketupat sebagai simbol kesucian dan kesalahan. Melihat dari kerumitan anyaman ketupat biasanya saat membuatnya tak luput dari kesalahan. Kesalahan yang bisa terjadi saat menganyam ketupat dapat membuat ketupat tidak berbentuk sempurna. Sedangkan kesucian tergambar dari warna ini ketupat yang putih ketika dibelah.

4. Memiliki Banyak Nama

Ketupat memiliki nama yang berbeda di berbagai daerah. Di Jawa dan Sunda ketupat biasa disebut dengan Kupat, di Minangkabau, ketupat disebut dengan Katupek sementara masyarakat Madura menyebutnya dengan Ketopak. Sementara di Bali, ketupat disebut Tpat.

Nah, itu dia beberapa fakta ketupat yang wajib kamu tahu. Jadi, selain cocok dihidangkan bersama sajian khas lebaran seperti opor ayam, ketupat memiliki fakta menarik dan sangat unik, ya.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS.

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Alasan Mengapa Anda Harus Bekerja Sebagai Seorang IT

kita dapat menyoroti bagaimana teknologi informasi telah menjadi bagian integral dari kehi…