Home Berita Hitungan Kekuatan Wiranto yang Bikin PAN Mau Terima Mantan Ketua Hanura

Hitungan Kekuatan Wiranto yang Bikin PAN Mau Terima Mantan Ketua Hanura

5 min read
0
0
326
Wiranto pindah ke PAN hitungan punya kekuatan konstituen muslim cukup kuat Foto: IST

PUBLIKSULTRA.ID – Direktur Eksekutif ALGORITMA, Aditya Perdana melihat beberapa argumentasi yang membuat Wiranto kini beralih hati dari Partai Hanura ke Partai Amanat Nasional atau PAN. Salah satu kemungkinan yang dinilai Aditya menyangkut karakter Wiranto yang dinilai masih memiliki ikatan yang cukup kuat dengan kelompok dan konstituen Muslim.

“Yang tentu dapat dimanfaatkan secara optimal oleh PAN,” kata Aditya.

Mau tidak mau, PAN perlu lebih memperhatikan daerah pemilihan ini. Karena pada pemilu 2024, PAN dipastikan bisa melewati ambang batas parlemen ketika meraih lebih dari 4% suara. Untuk itu, PAN tentu membutuhkan sosok yang mendekatkan partainya dengan konstituen Muslim yang lebih moderat, pemilih nasionalis religius, agar gap elektoral bisa melebar. Salah satu dari angka-angka ini dapat dicapai di Wiranto.

“Figur tersebut menurut saya ada di Wiranto sebagai mantan pimpinan partai politik, yaitu Hanura. Dalam konteks Wiranto dan PAN, ada pertimbangan sosiologis dan kultural yang menjadi alasan mendekatkan keduanya saat ini,” lanjut kata Aditya.

baca juga : Kapolri Tinjau Evakuasi Kapolda Jambi dan Rombongan, Apresiasi Kerja Keras Tim Gabungan

Terlepas dari daerah pemilihannya, Wiranto dinilai memiliki peran tersendiri bagi PAN. Pendiri partai Hanura itu diketahui berperan sebagai penghubung PAN dengan Presiden Jokowi.

“Termasuk di dalam pemerintahan,” kata Aditya

Nama Wiranto saat ini sedang ramai diperbincangkan publik, khususnya di dunia politik. Mantan Ketua Umum Partai Hanura itu dikabarkan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Sekjen PAN Eddy Soeparno tak menampik Wiranto pindah dari Hanura ke PAN. Ia menilai Wiranto akan menempati posisi tertentu di PAN. Meski tak membeberkan secara spesifik, Eddy menyebut sosok bertubuh Wiranto tentu akan menduduki posisi terhormat di partai.

baca juga : Viral Video Anggota Polisi Dimaki Debt Collector, Kapolda Metro Jaya: Darah Saya Mendidih

“Saya tidak mau berandai-andai, tetapi seorang tokoh sekaliber beliau itu akan menempati posisi yang sangat terhormat di dalam partai,” kata Eddy.

Di sisi lain, Eddy menyampaikan, kabar kepastian bergabungnya Wiranto ke PAN akan disampaikan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

“Saya tidak menyangkal (kabar Wiranto gabung PAN), tapi kepastiannya akan disampaikan oleh Pak Zul,” lanjut kata Eddy.

Sebelumnya, Presiden PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) enggan mengomentari kepindahan mantan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto ke PAN. Menurut Zulhas, pengumuman perpindahan dari Wiranto ke PAN akan diumumkan pada waktu yang tepat setelahnya.

“Nanti lagi ya, pada saatnya,” kata Zulhas.

Sumber: KompasTv

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PPK Uepai Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pantarlih Pilkada 2024

Uepai, 13 Juni 2024 – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pa…