Home Berita Elektabilitas Prabowo Melejit, Kalahkan Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan

Elektabilitas Prabowo Melejit, Kalahkan Ganjar Pranowo hingga Anies Baswedan

3 min read
0
0
343
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengikuti HUT Partai Gerindra pada Senin (6/2/2023). [Suara.com/Novian]

publiksultra.id – Survei yang dilakukan Media Survei Nasional (Median) menunjukkan Prabowo Subianto memperoleh elektabilitas sebesar 20,05 persen. Angka itu lebih unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Ganjar Pranowo 18,9 persen, Anies Baswedan 17,9 persen,” ujar Peneliti Median Ade Irfan Abdurrahman pada Selasa (28/2/2023).

Sementara itu, Ridwan Kamil menduduki posisi keempat dengan meraih 9,0 persen dan diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 3,5 persen.

Di bawah AHY, Airlangga Hartarto mendapatkan 2,9 persen dan Erick Thohir 2,2 persen.

Beberapa skenario dilakukan Median dengan asumsi empat poros dalam Pilpres.

baca juga : Survei Catat 3 Nama Capres Terkuat 2024, Prabowo Teratas Disusul Ganjar dan Anies

Pada skenario pertama, Prabowo menempati posisi pertama dengan 25,5 persen. Disusul Ganjar dengan 22 persen dan Anies 20 persen suara.

Skenario kedua, Prabowo menempati posisi pertama dengan 24 persen. Posisi kedua diraih oleh Ridwan Kamil dengan 23,5 persen kemudian disusul Anies Baswedan dengan 18 persen.

Skenario ketiga, Prabowo berhasil meraih 25,6 persen mengalahkan Anies dengan 24,2 persen. Diikuti Airlangga Hartarto dengan 10 persen suara.

Pada skenario keempat, Prabowo kembali unggul dengan 25 persen suara disusul Anies dengan 23 persen dan Puan Maharani 8,5 persen.

baca juga : Survei SPIN: Prabowo Tempati Urutan Pertama Capres 2024

Terakhir, Prabowo masih menduduki posisi pertama dengan 25,2 persen suara. Anies Baswedan 23,4 persen dan Puan Maharani 8 persen.

Survei tersebut dilakukan pada 22-26 Februari 2023 dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial Facebook yang targetnya pengguna berusia 17 sampai 60-an tahun.

Median melakukan survei di Facebook dengan alasan pengguna Facebook merupakan pengguna layanan internet yang mencapai 212,9 juta orang atau 77 persen dari populasi.

Sementara itu, pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang atau sekitar 60,4 persen dari populasi.

“Dikarenakan sampel adalah pengguna media sosial, survei ini tidak dimaksudkan untuk memberi gambaran persepsi populasi secara keseluruhan,” pungkas Ade Irfan Abdurrahman.

sumber: suara.com

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengungkap Rahasia Dibalik Teknologi Blockchain

Pendahuluan Pengantar Blockchain adalah teknologi yang semakin populer dan memiliki potens…