Home Berita Cerita dibalik kesuksesan dan mimpi besar Usaha mandiri Bawang goreng DZ khas Lande

Cerita dibalik kesuksesan dan mimpi besar Usaha mandiri Bawang goreng DZ khas Lande

7 min read
0
2
526
Ilustrasi

Publiksultra.id – Usaha mandiri bawang goreng DZ khas Lande digagas dari bulan Juli 2017 mulai produksi bulan februari tahun 2018 yang dikelolah oleh pemuda dusun Lande 3 Desa gerak makmur kecamatan Sampolawa kabupaten Buton selatan. berikut adalah wawancara dengan pemilik usaha bawang goreng DZ khas lande.

Apa yang memotivasi anda membangun usaha ini?

Melihat Petani bawang merah Lande yang selalu kesulitan mendapatkan pasar, karena banyaknya pemasok bawang merah dari daerah lain. Maka saya berinisiatif untuk membuat produk olahannya yang hari ini dinamakannya bawang goreng DZ khas Lande, agar hasil petani bawang merah Lande bisa menjual hasil taninya kekami tanpa harus turun lagi kekota. Kami sampai hari ini mempekerjakan 4 orang pekerja.

apa Suka duka yang didapatkan selama merintis usaha mandiri bawang goreng DZ khas Lande?

Pada mulanya dalam menjalankan usaha bawang goreng ini, hanya bermodalkan semangat tinggi dan kemauan. Bagaimana tidak, modal usaha dan alat-alat produksi belum sama sekali ada, sehingga semua serba pinjam ditetangga dan sebagian diambil didalam rumah sendiri seperti Pemotong bawang, kuali, kompor, timbangan dan perekat kemasan. Kemasan yang dipakepun masih memakai kemasannya plastik es batu dan stiker memakai bahan kertas HVS direkatkan dengan isolasi double tape.

Bulan februari 2018, kami pun mulai observasi lapangan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi pasar dan mencatat Outlet-outlet yang cocok untuk dijadikan pasar Bawang goreng.
Langkah kami itu hari kami mengejar pasar modern dengan alasan jika pasar modern kami bisa dapat pasar maka pasar tradisional pun pasti kami juga akan mendapatkan pasar.

Pelan tapi pasti, usaha bawang goreng Yang dinamai BAWANG GORENG DZ KHAS LANDE ini kami lengkapi izin usahanya dan dilengkapi izin edar, produknya mulai dijual dipasar modern (Rikamart 1, Rikamart 2, Liwanda Swalayan, Dilimas swalayan, Dll). semakin hari permintaan pun mulai ada dari penjualan online dan repeart order serta mendapat kepercayaan untuk mensuplai permintaan konsumen ditoko penjualannya. Hasilnya Sedikit demi sedikit kami belikan alat-alay produksi seperti Alat pemotong bawang, timbangan digital, alat perekat kemasan, spiner, kompor, dll dan juga kami terus inovasi kemasannya dari kemasan plastik es batu kami ganti dengan kemasan alumanium voil untuk kemasan reffil dan kemasan botol.

Menjaga kebutuhan pasar

Dengan memiliki pasar pembeli yang sudah pasti, maka Usaha mandiri Bawang goreng DZ khas Lande harus memastikan bahwa proses produksi dari pengadaan bahan mentah sampai delivery atau pengiriman agar selalu dapat berjalan dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku utama, yaitu bawang merah diambil langsung dari petani bawang merah Lande sendiri, dan sebagian diambil dari desa tetangga seperti dari desa Windu makmur dan dari Lapandewa.

Manfaat

Alhamdulillah, sampai saat ini Usaha Mandiri bawang goreng DZ Khas Lande semakin meningkat permintaan produknya dan mulai membuka pasar diluar dari kepulauan Buton.

Mimpi kami sebagai Pemilik Usaha Mandiri bawang Goreng DZ khas Lande ke depan adalah terus meningkatkan pasarnya dan terus memperbaiki tata kelola usahanya sehingga penambahan volume permintaan pasar dapat dilayani dengan kemampuan produksi dan akan menjadikan Usaha mandiri Bawang goreng DZ khas Lande Sebagai pasar utama bagi petani bawang merah Lande, dan petani bawang merah desa Windu makmur dan Petani bawang merah dari Lapandewa. “Kami bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada orangtua, masyarakat dan Sahabat-sahabat lainnya yang terus memberi kami semangat untuk menjadi orang yang mandiri dan membuka lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya.

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Shannon Wong Menyesal Telah Laporkan Ayah ke Polisi, Akui Dirinya yang Salah Karena Bucin

Jakarta, publiksultra.id – Beberapa saat lalu selebgram Shannon Wong sempat menghebohkan p…