Home Berita Bangun Tidur Tetap Segar Meski Begadang, Berikut Trik Khusus

Bangun Tidur Tetap Segar Meski Begadang, Berikut Trik Khusus

5 min read
1
0
355
Ilustrasi

PUBLIKSULTRA.ID – Jika Anda memiliki aktivitas malam yang menuntut produktif tentu bangun pagi menjadi hal yang sulit dilakukan. Selain susah bangun pagi, Anda juga akan kesulitan mendapatkan kesegaran dan energi.

Konselor berlisensi dan pelatih kehidupan, Nawal Alomari mengatakan jika begadang seseorang akan kesulitan mendapatkan energi yang sama di pagi hari.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Takut Gemuk? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini saat Pagi Hari[/quotes]

“Orang yang memiliki energi di malam hari dapat mengalami kesulitan menemukan energi yang sama di pagi hari,” katanya, dikutip dari Suara.com, Minggu (30/1/2021).

Katanya, jika Anda bangun dengan terburu-buru atau stres karena tidur larut malam, sepanjang hari mungkin akan terasa menyulitkan. Meskipun begitu, Anda tetap akan bisa bangun pagi dengan kesegaran dengan melakukan trik berikut ini:

  • Bersikaplah konsisten

Begadang di malam hari tidak apa-apa selama Anda memiliki jadwal tidur yang konsisten, termasuk di akhir minggu. Jika Anda tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur maka tubuh akan terbiasa dengan rutinitas tersebut.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Dear Pejuang Langsing, Ini 11 Buah untuk Diet yang Rendah Gula dan Bikin Kenyang[/quotes]

Penelitian menunjukkan bahwa tidur teratur membantu Anda berpikir jernih, fokus, merasa nyaman, dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan suasana hati, dan penyakit lainnya.

  • Jangan menunda bangun

Menambahkan tidur sekejap setelah bangun malah tak baik untuk kesehatan. Tidur lagi usai terbangun malah bisa meningkatkan stres, mengacaukan kemampuan Anda untuk berpikir jernih, dan bahkan dapat membuat Anda kesal.

  • Berjemur di bawah sinar matahari

Mendapatkan sinar matahari pada pagi hari dapat membantu Anda menyesuaikan diri di siang hari. Buka gorden Anda dan biarkan dipenuhi sinar matahari jika memungkinkan, ini akan menyinkronkan ritme sirkadian dan memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk bangun.

  • Hidrasi

Hidrasi usai bangun tidur memang sangat penting karena merehidrasi tubuh setelah tidur, meningkatkan metabolisme, dan membantu Anda merasa berenergi. Hidrasi merupakan proses di mana ion dikelilingi oleh molekul-molekul air yang tersusun dalam keadaan tertentu. Hidrasi membantu menstabilkan ion-ion dalam larutan dan mencegah kation untuk bergabung kembali dengan anion.

  • Konsumsi protein

Sarapan camilan kaya protein seperti telur, yoghurt, atau kacang-kacangan dapat meningkatkan energi sepanjang hari. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Swan merekomendasikan oat sebagai sarapan yang mudah.(*)

Editor : Merinda Faradianti | Sumber : Harianhaluan

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

One Comment

  1. […] Baca Juga: Bangun Tidur Tetap Segar Meski Begadang, Berikut Trik Khusus […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…