Home Berita 5 Kontroversi Denny Siregar, Terbaru Sebut Anies Bawedan Simbol Kaum Radikal

5 Kontroversi Denny Siregar, Terbaru Sebut Anies Bawedan Simbol Kaum Radikal

7 min read
0
0
4,686
Bjorka Sebut Denny Siregar Picu Polarisasi, Apa Artinya? (Dok. Facebook/dennysiregar)

publiksultra.id – Pernyataan pegiat media sosial Denny Siregar berujung kontroversi. Dia menyebut Anies Baswedan sebagai simbol kaum radikal. Menurut Denny, Anies menjadi bakal calon presiden (bacapres) satu-satunya yang bakal memainkan politik identitas pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Itulah kenapa sosok Anies ditolak, karena dia jadi simbol kaum radikal,” kata Denny dikutip pada Sabtu (29/3/2023).

Meski demikian, Denny menganggap kalau apa yang dilakukan Anies tersebut menjadi sebuah kabar baik. Sebab, permainan politik identitas itu nantinya bakal dilahap oleh orang-orang yang melawan radikalisme.

“Ini sebenarnya kemenangan buat kita-kita yang sejak lama melawan radikalisme di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Denny meyakini bahwa dua calon lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tak akan memainkan politik identitas serta polarisasi agama.

Bukan kali ini saja sosok Denny berujung kontroversial. Simak konroversi Denny Siregar yang menyebut Anies Baswedan sebagai simbol kaum radikal berikut ini.

1. Hina Rakyat Aceh Terkait Qanun Poligami

Denny Siregar pernah dilaporkan ke Bareskrim Polri karena dianggap menghina dan menyebarkan ujaran kebencian pada rakyat Aceh tahun 2019 lalu. Ketika itu Denny dilaporkan karena pernyataannya melalui video di media sosial menyinggung pelegalan poligami dalam rencana penyusunan qanun (peraturan daerah) tentang hukum keluarga.

baca juga : Bakal Seru! Diprediksi Ada 3 Poros Koalisi Pilpres 2024, Sandiaga Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar

Dalam video durasi 3 menit itu, Denny menjelaskan kondisi Aceh yang menjunjung tinggi syariat Islam. Dia menyebut Aceh adalah provinsi termiskin se-Sumatera tapi justru mengurusi aturan poligami.

2. Kasus Video Penghinaan ke Jokowi

Denny Siregar juga pernah dilaporkan terkait penghinaan termasuk fitnah. Sebelumnya Denny melaporkan Ina Yuniarti atas tuduhan penyebaran video bermuatan ancaman ‘penggal kepala Jokowi’ saat unjuk rasa di depan Kantor Bawaslu pada Agustus 2019 lalu.

baca juga : Cerita Anies Dikasih Wejangan dari SBY Ketika Silaturahmi ke Rumah AHY di Momen Lebaran 2023

Namun Ina dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan berdasarkan vonis majelis hakim PN Jakarta Pusat. Dalam putusannya, Ina disebut hanya merekam gambar dan tidak mengenal laki-laki dalam video yang mengatakan akan memenggal kepala Jokowi.

Pengacara Ina Yuniarti, Abdullah Alkatiri menyatakan akan melaporkan pelapor dan Denny Siregar terkait tudingan fitnah pada kliennya. Namun Denny tak ambil pusing soal rencana Alkatiri tersebut.

3. Unggahan Video Pengeroyokan Suporter di Bandung

Pada September 2019 lalu, Aliansi Santri Indonesia melaporkan Denny Siregar terkait kasus penistaan agama ke Bareskrim Mabes Polri karena mengunggah video pengeroyokan suporter di Bandung. Denny dianggap menyebarkan informasi yang belum diketahui kebenarannya lewat unggahan video Twitter.

Video yang disebarkan Denny adalah rekaman kerusuhan suporter Persija dan Persib dengan suara kalimat Tauhid (Lailahaillallah). Dia juga mencuitkan hubungan ajaran islam dengan ISIS.

baca juga : Adu Harta 6 Bakal Cawapres Anies: Ada Anak Mantan Presiden dan Eks Panglima

Aliansi Santri menyebut cuitan Denny itu merupakan bentuk penistaan agama. Tapi setelah diklarifikasi, kumandang tahlil dalam video pengeroyokan terbukti hoaks karena editan.

4. Tolak Jabatan Erick Thohir Jadi Viral

Cuitan Denny Siregar lewat akun @DennySiregar7 menolak jabatan Komisaris dari Menteri BUMN, Erick Thohir sempat viral. Denny Siregar mengunggah fotonya tengah dibisiki Erick Thohir disertai alasan menolak jabatan Komisaris tersebut.

“Lagi Gala Premier Sayap Sayap Patah sama kang @erickthohir. Ditanyain, ‘Bro mau jadi Komisaris ?’  Gua jawab, ‘Gak ah, kang. Males ngantor, gak bisa pake sendal jepit'” tulis akun @DennySiregar7. Gara-gara cuitan ditawari jabatan oleh Erick Thohir, nama Denny Siregar jadi trending.

5. Pernah Tulis Tentang Ahok dan Jokowi

Denny Siregar pernah menulis soal Ahok dan Jokowi yang jadi kontroversi. Diketahui Denny adalah sosok yang kerap mengaku sebagai pendukung Ahok. Bahkan Denny juga dilabeli netizen dengan sebutan buzzer politik.

Denny Siregar pernah merilis buku berjudul “Semua Melawan Ahok” pada tahun 2016. Selain buku, Denny juga aktif menulis di blog dan Facebook. Satu tulisan Denny yang viral adalah berjudul “Membunuh Jokowi” yang dia bagikan lewat akun Facebook pada 5 Mei 2018.

Kontributor : Trias Rohmadoni

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dispar sultra gelar Fasilitasi HAKI bagi pelaku Ekraf

Publiksultra.id – Dinas pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Fasilitasi H…