Home Berita Adu Harta 6 Bakal Cawapres Anies: Ada Anak Mantan Presiden dan Eks Panglima

Adu Harta 6 Bakal Cawapres Anies: Ada Anak Mantan Presiden dan Eks Panglima

6 min read
0
0
321
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kedua kiri), Anies Baswedan (tengah), Sekjen PKS Abu Bakar Al-Habsyi (kanan), Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman (kedua kanan) dan Bendahara PKS Mahfud Abdurrahman (kiri) berfoto bersama saat pengumuman deklarasi Calon Presiden 2024 dari PKS di Kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

publiksultra.id – Calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan kini tengah gencar mencari sosok calon wakil presiden atau cawapres yang ideal untuk menemaninya di Pilpres 2024 mendatang.

Setidaknya, ada enam sosok yang dilirik untuk nantinya dipinang menjadi ‘jodoh’ Anies, yakni Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Ahmad Heryawan alias Aher, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Tak cukup di situ, ada segelintir pihak dari Koalisi Perubahan yang mengusulkan nama Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, hingga bekas Panglima TNI Andika Perkasa.

baca juga : Cerita Anies Dikasih Wejangan dari SBY Ketika Silaturahmi ke Rumah AHY di Momen Lebaran 2023

Terakhir, nama Menkopolhukam Mahfud MD telah diusulkan namun ia tegas menolak tawaran menjadi cawapres Anies lantaran dirinya memilih fokus di kariernya sebagai menteri.

Penentuan cawapres Anies dari sekian banyak nama tersebut menjadi alot gegara banyak yang harus dipertimbangkan. Tak hanya soal kekuatan politik, tetapi harta kekayaan cawapres Anies juga harus dipertimbangkan sebagai modal untuk berkampanye.

Rincian harta kekayaan AHY

Putra eks presiden RI SBY, yakni AHY ternyata selain punya kekuatan politik yang besar juga mengantongi puluhan miliar Rupiah.

AHY melaporkan harta kekayaannya terakhir saat mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI pada 2017 lalu.

baca juga : Bakal Seru! Diprediksi Ada 3 Poros Koalisi Pilpres 2024, Sandiaga Berpeluang Jadi Cawapres Ganjar

Komisi Pemilihan Umum atau KPU menerima laporan harta kekayaan AHY yang totalnya berjumlah Rp15.291.805.024 ditambah lagi dengan USD511. 322 atau setara dengan Rp6.647.186.000.

Total harta kekayaan yang dimiliki oleh Ketum Demokrat tersebut kini sekitar Rp21 miliar.

Rincian harta kekayaan Aher

Eks Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan alias Aher mengantongi harta kekayaan senilai Rp8.911.491.989 atau Rp8 miliar.

Rincian harta kekayaan tersebut dapat diakses di laman resmi KPK dalam format LHKPN yang terakhir kali dilaporkan oleh Aher pada periode 2017 lalu.

Rincian harta kekayaan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil yang meneruskan estafet kepemimpinan dari Aher ternyata punya harta yang jauh lebih banyak.

Pria yang akrab disapa kang Emil ini punya harta senilai Rp21.829.518.930 atau Rp21 miliar

Rincian harta Khofifah Indar Parawansa

Tak mau kalah dengan Gubernur Jawa Barat, Gubernur Jawa Timur ini mengantongi harta senilai Rp 24,79 miliar yang ia laporkan ke KPK via LHKPN.

Rincian harta kekayaan Erick Tohir

Erick Tohir yang kini menjabat sebagai Menteri BUMN ternyata menjadi bakal cawapres Anies yang terkaya.

Sebab, politisi yang sebelumnya merupakan pebisnis ini punya harta hingga Rp2,31 triliun pada 2021 yang ia laporkan dalam LHKPN.

Tak heran jika Erick punya harta sebanyak itu, sebab ia sebelum berpolitik memiliki segudang bisnis terutama di bidang media

Rincian harta kekayaan Andika Perkasa

Terakhir, sosok satu-satunya bakal cawapres Anies dari latarbelakang militer yakni Andika Perkasa punya harta yang hampir mengungguli Erick Tohir, yakni senilai Rp 179,9 miliar sebagaimana yang terlapor di LHKPN KPK.

Kontributor : Armand Ilham

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Alasan Mengapa Anda Harus Bekerja Sebagai Seorang IT

kita dapat menyoroti bagaimana teknologi informasi telah menjadi bagian integral dari kehi…