6 min read
0
0
507
Penyerang Barcelona Lamine Yamal berhasil menyamai sekaligus memecahkan rekor spesial usai mencetak gol dalam laga debutnya bersama Timnas Spanyol pada Kualifikasi EURO 2024. Vano SHLAMOV / AFP.

publiksultra.id – Penyerang Barcelona Lamine Yamal berhasil menyamai sekaligus memecahkan rekor spesial usai mencetak gol dalam laga debutnya bersama Timnas Spanyol pada Kualifikasi EURO 2024, Sabtu (9/9/2023) dini hari WIB.

Lamine Yamal mencetak satu gol dalam kemenangan 7-1 Spanyol atas tuan rumah Georgia dalam laga yang berlangsung di Stadion Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi. Dia mencetak gol ketujuh timnya.

Gol tersebut membuat Yamal memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang mencatatkan namanya di papan skor dalam sejarah Timnas Spanyol yakni di usia 16 tahun 57 hari.

Dia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang rekan setimnya di Barcelona, Gavi yang mencetak gol perdana untuk La Furia Roja pada usia 17 tahun 62 hari pada 2021.

Selain itu, seperti menyitat Opta, Lamine Yamal juga menyamai rekor yang telah bertahan 117 tahun usai mencetak gol debut bersama tim Matador.

Pada usia 16 tahun 57 hari, Lamine Yamal menjadi pemain termuda ketiga dalam sejarah yang mencetak gol untuk negara Eropa.

Dia melampaui Sam Johnston pada tahun 1882 untuk Irlandia Utara (15 tahun 160 hari) dan cuma kalah muda dari pemain Hungaria, József Horváth pada 1906 (16 tahun 12 Hari).

Setelah masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-44 di Georgia, Yamal tidak membuang waktu untuk menambah rekor lain dalam koleksinya ketika mencetak gol pada menit ke-74 untuk gol ketujuh dan terakhir Spanyol.

Berkat gol itu, Yamal juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol di kualifikasi Euro, melampaui rekor legenda Wales Gareth Bale (17 tahun 83 hari).

“Saya sangat senang bisa melakukan debut dan mencetak gol,” katanya kepada Teledeportes dikutip dari ESPN, Sabtu (9/9/2023).

“Saya mewujudkan mimpi. Saya harus berterima kasih kepada rekan satu tim dan pelatih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya, serta semua orang yang telah membantu saya selama ini.”

Yamal juga berhak bermain untuk Maroko dan Guinea Ekuatorial melalui orang tuanya, namun ia selalu mewakili Spanyol, negara kelahirannya, dari level usia muda.

Dia membuat keputusan akhir untuk bermain untuk tim senior negara itu pada akhir Agustus setelah pertemuan di Barcelona dengan delegasi dari Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF).

“Anda bisa lihat saya senang dan puas dengan keputusan itu. Saya berharap bisa memiliki karir yang panjang bersama Spanyol dan kami memenangkan banyak hal bersama-sama,” kata Yamal usai debut.

Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi remaja tersebut, yang menjadi pemain termuda yang tampil di LaLiga untuk Barca ketika ia melakukan debutnya untuk klub tersebut pada April.

Dia baru berusia 15 tahun ketika masuk dari bangku cadangan melawan Real Betis. Seminggu kemudian, dia juga menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk tim B klub tersebut.

Pada EURO U-17, Yamal mencetak empat gol sebelum Spanyol disingkirkan oleh Prancis di babak semifinal.

Pelatih Barça Xavi Hernandez kemudian memanggilnya untuk tur pramusim klub di Amerika Serikat dan penampilannya sejak itu telah membantunya memperkuat tempatnya di skuad tim utama.

Dia masuk dari bangku cadangan pada pertandingan tandang pertama musim ini di markas Getafe dan menjadi starter dalam tiga pertandingan terakhir Barca.

Dalam periode itu, dia mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik atau MVP setelah memberikan dua assist dalam kemenangan 4-3 di Villarreal bulan lalu.

Sumber: Suara.com

Load More Related Articles
Load More By afghan26
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cristiano Ronaldo Tendang Wajah Eks Kiper Man United, Absen saat Portugal Lawan Luksemburg

publiksultra.id – Cristiano Ronaldo beruntung tidak mendapatkan kartu merah langsung…