Home Berita Tokoh Adat di Buton Yakini Ganjar-Mahfud Paslon yang Mampu Mewujudkan Kebinekaan

Tokoh Adat di Buton Yakini Ganjar-Mahfud Paslon yang Mampu Mewujudkan Kebinekaan

5 min read
0
0
562

BUTON, PUBLIKSULTRA.ID – YM La Ode Abdul Harlin Lakina (pimpinan daerah) dari Kerajaan Kondowa menyampaikan aspirasinya terkait perlunya sosok pemimpin yang mampu merawat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai bangsa majemuk; terdiri dari berbagai suku bangsa, adat, agama dan bahasa.

Cara pandang yang luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, menjaga toleransi antar golongan, serta gaya kepemimpinan moderat merupakan instrumen untuk merawat kebhinekaan bangsa terjaga dengan baik. Menurut YM La Ode Abdul Harlin, semua ini bisa digambarkan dari figur Ganjar Pranowo.

Ungkapan ini disampaikan usai La Ode Abdul Harlin yang juga tokoh masyarakat Buton menghadiri Silaturahmi Dinasti Nusantara Sulawesi Tenggara di Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, Jumat (17/11/23).

“Jelas, pasti!. karena beliau punya posisi (sikap kepemimpinan) itu, dia memperhatikan agama dan budaya dan itu saya lihat di tiktok di youtube di tv selalu (sat set) tidak pake banyak cerita beliau, diambil santai saja,” kata YM La Ode Abdul Harlin.

Dalam visi bertajuk “Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari serta misi 8 gerak cepat Ganjar-Mahfud, keduanya memiliki program untuk merawat kebinekaan.

Pasangan nomor urut tiga ini memiliki program Budaya Maju dan Sportif yang mencakup menanamkan sumber daya manusia (sdm) berkepribadian nasional dan mengedepankan persatuan nasional dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut dia, setelah memiliki pemimpin yang merepresentasikan kebinekaan tentunya setiap warga negara semestinya terpanggil untuk turut andil dan terlibat memperkukuh toleransi, persatuan dan kesatuan antar bangsa.

“Begitu pula strategi dari Pak Ganjar ini saya sangat terharu merasakan bahwa memperhatikan antara budaya dan agama tadi ya, berarti kita harus mempersatukan, agar bhinneka tunggal Ika itu kan mempersatukan, berarti beliau ini adalah sosok pemimpin yang akan manusiawi,” jelas dia.

YM La Ode Abdul Harlin yang juga tokoh adat berkomitmen membangun jaringan konsolidasi dukungan sehingga mampu mendulang Ganjar Pranowo – Mahfud MD menjadi Presiden dan Wakil Presiden pada kontestasi pemilu 2024.

“Saya berusaha bagaimana cara saya supaya beliau itu duduk di kursi presiden terpilih yang murni yang iklas kami akan bantu,” tutup YM La Ode Abdul Hakim.

Pada kegiatan silaturrahmi ini turut hadir Penggagas dan pendiri Dinasti Nusantara Sri Paduka KGPAA Mangku Alam II dari Yogyakarta, Koordinator Nasional Dinasti Nusantara KPH Andi Bau Malik Barammamase Karaenta Tukajannangngang Satrio Sasmito dari Kerajaan Gowa Sulawesi Selatan, Sekjen Dinasti Nusantara Tengku Maliana Zufrine dari Kerajaan Negeri Padang Deli Sumatera Utara, dan YM Wa Ode KRAyT Endang Puspa Kirana dari Kerajaan Kali Susu.

Kemudian YM La Pina Parabela Wasuemba (lembaga adat kerajaan) beserta perangkatnya, YM Ilyas juru tulis Wasuemba (lembaga adat kerajaan, YM La Ode Mustafa dari Kerajaan Kuli Susu, YM Siti Wasuemba (lembaga adat kerajaan).

Lalu ada YM La Ode Abdul Harlin Lakina Kondowa dari Kerajaan Kondowa, YM Kaharno Wakil dari Kerajaan Kondowa, YM Nurdin Juru Tulis dari Kerajaan Kondowa, YM La Ode Baharudin Bendahara dari Kerajaan Kondowa, La Ode Abd.Hamid Waci dari Kerajaan Kondowa.

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Penyerahan Bantuan kepada Kaum Dhuafa Ring 1 Kantor PLN UPT Kendari

Kendari, 1 Juli 2024 – PLN UPT Kendari melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) menyerahkan…