Home Berita Pelatihan IoT dengan ESP32, PHP, dan MySQL 7 & 8 Mei 2023

Pelatihan IoT dengan ESP32, PHP, dan MySQL 7 & 8 Mei 2023

3 min read
0
0
584

Internet of Things (IoT) adalah salah satu teknologi yang berkembang pesat saat ini. Dengan IoT, perangkat elektronik dapat terhubung ke internet dan saling berkomunikasi, sehingga memungkinkan kita untuk mengontrol dan memonitor perangkat tersebut dari jarak jauh. ESP32 adalah salah satu platform IoT yang populer, sementara PHP dan MySQL adalah teknologi web yang umum digunakan untuk membuat aplikasi web.

Pelatihan IoT dengan ESP32, PHP, dan MySQL akan membantu peserta untuk memahami konsep dasar IoT dan cara menghubungkan ESP32 ke internet. Selain itu, pelatihan ini juga akan membantu peserta untuk memahami cara membuat aplikasi web sederhana dengan menggunakan PHP dan MySQL.

Berikut adalah langkah-langkah pelatihan IoT dengan ESP32, PHP, dan MySQL:

  1. Peserta akan mempelajari tentang pengenalan ESP32, seperti spesifikasi, pinout, dan cara menghubungkan ESP32 ke komputer.
  2. Peserta akan mempelajari cara mengatur ESP32, seperti menginstal driver USB, mem-flash firmware, dan menghubungkan ESP32 ke WiFi.
  3. Peserta akan mempelajari cara menghubungkan ESP32 ke sensor, seperti sensor suhu dan kelembaban, dan cara membuat aksi berdasarkan nilai sensor.
  4. Peserta akan mempelajari cara menghubungkan ESP32 ke internet menggunakan protokol HTTP dan bagaimana mengirimkan data sensor ke web server.
  5. Peserta akan mempelajari cara mengatur server HTTP di komputer menggunakan apache / nginx dan cara menerima data sensor dari ESP32.
  6. Peserta akan mempelajari cara membuat aplikasi web sederhana dengan menggunakan PHP dan MySQL untuk menampilkan data sensor yang diterima dari server HTTP.

Pelatihan ini akan memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam mengembangkan aplikasi IoT dengan ESP32, PHP, dan MySQL. Dengan menguasai teknologi ini, peserta dapat membuat aplikasi IoT yang lebih kompleks dan bermanfaat di masa depan. trainer pengampuh adalah Sulkifly Said, S.SI., M.Eng, CSA akademisi dan praktisi IT.

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Bakal Calon Pilwali Kendari Gelar Jumat Berbagi

KENDARI, PUBLIKSULTRA.ID – Si Gemoy Kendari (Yudianto Mahardika) melakukan berbagi j…