Home Artikel Kenali Adanya Indikasi Insider Threat dalam Organisasi

Kenali Adanya Indikasi Insider Threat dalam Organisasi

5 min read
0
0
1,026
ilustrasi insider threat

Pendahuluan

Pengantar tentang Insider Threat

Insider threat itu seperti misteri yang datang dari dalam organisasi. Ini bukan hanya ancaman dari luar, tapi dari orang-orang di dalamnya juga. Insider threat bisa datang dari karyawan, kontraktor, atau bahkan mantan anggota tim yang masih memiliki akses. Ancaman ini bisa disengaja, seperti seseorang yang mencuri data untuk keuntungan pribadi, atau tidak disengaja, seperti karyawan yang tidak sengaja membocorkan informasi rahasia. Dalam kedua kasus tersebut, dampaknya bisa sangat merugikan bagi organisasi.

Pentingnya Mengidentifikasi Insider Threat

Mengidentifikasi insider threat sangat penting karena bisa mencegah kerugian besar bagi organisasi. Banyak perusahaan yang telah menjadi korban kebocoran data atau sabotase dari dalam, yang mengakibatkan kerugian finansial, reputasi rusak, dan hilangnya kepercayaan pelanggan. Jadi, mengenali tanda-tanda awal dari insider threat dan mengambil tindakan yang tepat bisa membantu melindungi organisasi dari konsekuensi yang merugikan.

baca juga : Panduan Pembelajaran CSCU by EC-Council: Menguasai Keamanan Komputer dengan Mudah

Tanda-tanda Insider Threat

Perubahan Drastis dalam Perilaku

Tanda pertama dari insider threat adalah perubahan yang drastis dalam perilaku seseorang di tempat kerja. Misalnya, jika seseorang yang biasanya tenang tiba-tiba menjadi gelisah atau agresif, atau jika mereka mulai menarik diri dari interaksi sosial atau kolaborasi dengan tim, ini bisa menjadi pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Akses Tidak Wajar ke Data

Tanda lain dari insider threat adalah akses yang tidak wajar atau tidak biasa ke data atau sistem. Misalnya, jika seorang karyawan yang seharusnya hanya memiliki akses terbatas ke informasi tertentu tiba-tiba mencoba mengakses data yang sensitif atau sistem yang tidak terkait dengan pekerjaan mereka, ini bisa menjadi tanda adanya ancaman dari dalam.

baca juga : Perbandingan Antara Red Team dan Blue Team dalam Keamanan Informasi

Penanganan Insider Threat

Pembentukan Tim Tanggap Insider Threat

Untuk mengatasi insider threat, organisasi perlu membentuk tim tanggap khusus yang terdiri dari berbagai departemen, termasuk keamanan informasi, sumber daya manusia, dan manajemen senior. Tim ini bertugas untuk menangani insiden insider threat dengan cepat dan efektif, serta menerapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi organisasi.

Implementasi Kebijakan dan Prosedur yang Ketat

Organisasi juga perlu menerapkan kebijakan dan prosedur yang ketat terkait dengan akses data, pengawasan jaringan, dan pelaporan insiden. Ini termasuk melakukan pemantauan aktif terhadap aktivitas karyawan, memberikan pelatihan tentang ancaman insider threat, dan memberlakukan sanksi bagi pelanggar kebijakan keamanan.

baca juga : 10 Metode Web Ethical Hacking yang Wajib Dikuasai Pentester

Kesimpulan

Kesadaran dan Tindakan Proaktif

Mengenali dan menangani insider threat membutuhkan kesadaran yang tinggi dan tindakan proaktif dari semua pihak yang terlibat dalam keamanan informasi organisasi. Dengan mengidentifikasi tanda-tanda awal dari insider threat dan mengambil tindakan yang tepat, organisasi dapat melindungi diri dari kerugian besar yang disebabkan oleh ancaman dari dalam. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan perubahan perilaku karyawan, mengawasi akses ke data sensitif, dan memiliki prosedur yang jelas untuk menangani insiden insider threat.

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Jenis Pelatihan Kesadaran Keamanan untuk Membangun Kesadaran Siber

Pendahuluan Ketika kita menggunakan internet, seperti media sosial atau email, kita harus …