Home Berita Ditemukan Hiu Berwajah Manusia, Begini Penjelasan LIPI

Ditemukan Hiu Berwajah Manusia, Begini Penjelasan LIPI

4 min read
1
0
513
Hiu berwajah manusia. Dok detikINET

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Temuan hiu berwajah mirip manusia di Rote Timur, NTT menjadi viral. Ilmuwan mengatakan itu hanya kelainan genetik.

“Itu memang bayi hiu. Jenis hiu yang seperti itu memiliki kelainan genetik,” kata Fahmi, peneliti Pusat Penelitian Oceanografi LIPI dikutip dari detikINET, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga : Ingin Terhindar Kanker Prostat? Anda Harus Ejakulasi 21 Kali

Fahmi mengatakan, hiu yang lahir cacat tidak akan bertahan hidup lama. Dari beberapa embrio bayi hiu, biasanya ada yang mengalami kelainan genetika.

“Macam-macam, misalnya ada yang tidak punya sirip dll. Bergantung kondisi genetikanya,” kata Fahmi.

Baca Juga : Rutin Minum Kopi Hitam Bisa Kurangi Risiko Gagal Jantung, Ini Penjelasannya

Menurut Fahmi sebagian hiu bertelur dan sebagian lagi beranak. Untuk jenis yang ditemukan di Rote Timur ini adalah hiu yang beranak dari jenis Black Tip. Indonesia punya 4 spesies Black Tip dari yang kecil di Karimunjawa sampai yang agak besar di tengah lautan Samudera Hindia dan Laut Banda.

“Kalau dilihat dari videonya, itu adalah jenis hiu black tip karena ujung siripnya hitam,” kata dia.

Baca Juga : Tidur Mengenakan Kaus Kaki Ternyata Tidak Dianjurkan, Ini Alasannya

Hiu kata Fahmi, sering tertangkap nelayan di Indonesia Timur. Itu sebabnya penemuan hiu aneh beberapa kali terjadi di Indonesia Timur. Sebelumnya, pernah ditemukan hiu bermata satu di Maluku.

“Hiu ini matanya ada di bawah moncong, ini gejala Cyclopia juga tapi matanya k. Kalau yang ditemukan di Maluku itu matanya cuma satu,” pungkasnya.

Baca Juga : Luar Biasa, Ini 9 Manfaat Minyak Kelapa

Sebelumnya, video seekor ikan yang bentuk wajahnya mirip manusia viral di media sosial (medsos). Tampak ikan tersebut memiliki panjang tak lebih dari 50 cm. Ikan tersebut terlihat berwarna putih-abu.o Disebutkan ikan tersebut ialah jenis hiu.

Hanya, mata hiu tersebut berada pada bagian bawah atau sejajar dengan mulutnya. hiu tersebut ditemukan seorang nelayan di Desa Pepela, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Awalnya nelayan tersebut menemukan hiu yang tersangkut di pukatnya ketika melaut. Di dalam perut hiu tersebut ditemukan tiga ekor anak hiu. Satu di antara hiu tersebut ialah seekor hiu yang bentuk mukanya seperti wajah manusia. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : DetikINET

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

One Comment

  1. […] Baca Juga : Ditemukan Hiu Berwajah Manusia, Begini Penjelasan LIPI […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Alasan Mengapa Anda Harus Bekerja Sebagai Seorang IT

kita dapat menyoroti bagaimana teknologi informasi telah menjadi bagian integral dari kehi…