Home Berita Diresmikan Presiden, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Daya Saing Daerah

Diresmikan Presiden, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Daya Saing Daerah

5 min read
2
0
396
Presiden Jokowi melakukan peninjauan ruas tol Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/01/2021). (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

PALEMBANG, PUBLIKSULTRA.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Ruas Kayu Agung-Palembang, Selasa (26/01/2021). Peresmian dilakukan di Gerbang Tol Kramasan, Ogan ilir, Sumatra Selatan (Sumsel). “Alhamdulillah, jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer sudah selesai, sudah rampung dan siap untuk digunakan pada hari ini,” kata Presiden saat memberikan sambutan.

Presiden mengatakan jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan tol Trans Sumatra dan menjadi poros utama Sumatra bagian selatan, sebagai ruas terakhir yang menghubungkan Pelabuhan Bakauheni, Lampung dengan Palembang, Sumsel. Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, maka akan memangkas waktu tempuh Pelabuhan Bakauheni – Palembang sejauh 373 kilometer tersebut.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Sri Sultan: Warga Yogyakarta yang Tolak Vaksin Covid-19 Tidak Diberi Sanksi[/quotes]

“Ini saya mendengar biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat, sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam. Ini akan menjadi sebuah lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen,” ujarnya dilansir laman Setkab.go.id.

Hal tersebut, imbuhnya, akan menurunkan biaya logistik yang tentu saja dapat meningkatkan daya saing daerah yang terhubung. “Efisiensi ini jelas akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan akan memberikan competitiveness/daya saing yang besar bagi Palembang (dan) bagi Lampung,” kata Presiden.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Hari Ini, Jokowi Akan Tinjau Banjir di Kalimantan Selatan[/quotes]

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang (Kramasan) merupakan bagian dari jaringan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung. Jalan tol ini telah terhubung dengan jalan tol Trans-Sumatera lainnya, yakni TPPK (Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung) yang telah diresmikan Presiden pada 15 November 2019 silam. Dengan demikian Provinsi Lampung kini telah semakin terkoneksi dengan Provinsi Sumatra Selatan.

Selanjutnya, dari Betung direncanakan akan tersambung dengan Provinsi Jambi. Secara keseluruhan panjang jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung adalah 111,69 kilometer, yang pengerjaannya dilakukan oleh BUMN Waskita Karya. Pada ruas jalan tol ini terdapat jembatan Ogan dengan panjang 1,675 kilometer. Saat peresmian Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (*)

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Pelantikan Presiden AS, Jokowi Ucapkan Selamat pada Joe Biden[/quotes]

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

2 Comments

  1. […] Baca Juga : Diresmikan Presiden, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Daya Saing Daerah […]

    Reply

  2. […] Baca Juga : Diresmikan Presiden, Jalan Tol Kayu Agung-Palembang Tingkatkan Daya Saing Daerah […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…