Home Internasional Kominfo Berencana Membuat 911 Versi Indonesia! Respon Tanggap Darurat Bisa Lebih Cepat dan Akurat!

Kominfo Berencana Membuat 911 Versi Indonesia! Respon Tanggap Darurat Bisa Lebih Cepat dan Akurat!

2 min read
0
0
42

PUBLIKSULTRA.ID – Indonesia akan segera memiliki sistem nomor darurat yang setara dengan 911 di Amerika Serikat. Nomor 112, yang akan menjadi pusat kontak tunggal untuk berbagai layanan darurat, diharapkan dapat meningkatkan respons terhadap berbagai kejadian darurat.

Sama seperti 911, nomor 112 akan terintegrasi dengan berbagai lembaga terkait, seperti kepolisian, pemadam kebakaran, dan layanan kesehatan. Namun, berbeda dengan 911 yang dikelola oleh masing-masing negara bagian, nomor 112 di Indonesia akan dikelola secara terpusat oleh pemerintah pusat.

Proses integrasi nomor 112 menjadi sistem nasional ini dilakukan secara bertahap. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengajukan usulan agar nomor 112 menjadi proyek strategis nasional, sehingga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah.

Dengan adanya sistem nomor darurat tunggal, diharapkan penanganan berbagai kejadian darurat dapat dilakukan lebih cepat dan efektif. Selain itu, sistem ini juga akan mempermudah koordinasi antar lembaga terkait dalam penanggulangan bencana.

Sumber: KotakGames

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Internasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Eropa Tuding Algoritma YouTube dan TikTok Sangat Berbahaya

PublikSultra, PARIS – Uni Eropa mulai takut terhadap konten berbahaya yang beredar d…