Home Berita 7 Manfaat Ajaib Strawberi, Nomor 6 Menangkal Penyakit Mematikan

7 Manfaat Ajaib Strawberi, Nomor 6 Menangkal Penyakit Mematikan

5 min read
0
0
288
Buah strawberi (pixabay)

PUBLIKSULTRA.ID – Spesies hibrid dari genus Fragaria yang secara lazim dikenal sebagai strawberi, merupakan salah satu jenis buah beri yang berwarna merah terang, dan memiliki perpaduan rasa manis sekaligus asam.

Selain rasanya yang enak, buah bulat berwarna merah terang dan berbintik-bintik ini juga memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Nah apa saja manfaat strawberi bagi kesehatan? Nih ulasannya:

1. Menyehatkan saluran cerna

Buah strawberi mengandung antosianin, salah satu jenis antioksidan yang mampu mengurangi risiko terjadinya kanker usus besar, kandungan serat yang dimiliki Stroberi dapat membantu pertumbuhan bakteri baik dalam usus dan menyehatkan saluran cerna.

2. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Kandungan serat di dalam stroberi juga mampu mengurangi penumpukan lemak dan kolesterol serta mencegah penyempitan pembuluh darah, peneliti mengungkapkan mengkonsumsi strawberi secara rutin selama tiga minggu mampu mengurangi kadar kolesterol jahat (HDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh (LDL).

3. Menangkal efek radikal bebas

Kandungan strawberi ini memiliki peran penting dalam melindungi sel-sel tubuh dari efek paparan radikal bebas, yang dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Kandungan antioksidan dalam strawberi juga bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menjaga kesehatan kulit dan tulang.

4. Menurunkan berat badan

Buah strawberi menjadi salah satu makanan untuk sedang menjalani program diet karena strawberi rendah kalori dan mengandung berbagai macam nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat menjalani diet.

Serat tinggi stroberi dapat memberikan efek kenyang lebih lama dengan demikian, dorongan untuk ngemil atau makan berlebih pun akan berkurang.

5. Menjaga tekanan darah tetap stabil

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah stroberi bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini karena adanya kandungan kalium, flavonoid, dan polifenol di dalam strawberi yang mampu menurunkan tekanan darah.

6. Mencegah penyakit jantung

Buah strawberi mampu menjaga tekanan darah, mengatasi kolesterol tinggi, dan mengontrol kadar gula darah tetap stabil. Oleh karena itu, stroberi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

7. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat strawberi yang terakhir adalah mengontrol kadar gula darah karena stroberi memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak memicu peningkatan kadar gula darah secara drastis.

Berkat manfaatnya tersebut, buah strawberi aman dikonsumsi oleh penderita diabetes tipe dua.

Meski manfaat stroberi cukup banyak, tetap perlu memperhatikan kebersihan dan cara mengolahnya. Pilihlan strawberi yang kondisinya baik dan terlihat segar jangan lupa juga untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. (*)

sumber: harianhaluan.com

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Jenis Pelatihan Kesadaran Keamanan untuk Membangun Kesadaran Siber

Pendahuluan Ketika kita menggunakan internet, seperti media sosial atau email, kita harus …