Home Berita 5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak, Jangan Kamu Lakukan Lagi!

5 Kebiasaan yang Bisa Merusak Otak, Jangan Kamu Lakukan Lagi!

5 min read
0
0
282
5 kebiasaan yang bisa merusak otak kamu tanpa disadari. Salah satunya mendengarkan musik dengan volume tinggi, maka jangan pernah melakukannya lagi. (Pexels.com)

PUBLIKSULTRA.ID – 5 kebiasaan yang bisa merusak otak kamu tanpa disadari. Salah satunya mendengarkan musik dengan volume tinggi, maka jangan pernah melakukannya lagi.

Karena otak adalah satu-satunya organ yang membutuhkan upaya untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar, termasuk dalam mengatur detak jantung, keseimbangan cairan, tekanan darah, keseimbangan hormon, dan suhu tubuh.

Otak juga merupakan organ yang bertanggung jawab dalam terjadinya gerakan, kognisi, kemampuan belajar, mengingat, emosi bahkan kesehatan manusia.

baca juga : Kopi Bisa Picu Kadar Kolesterol Jahat Naik

Menjaga otak tetap sehat dan kinerjanya selalu maksimal dinilai sama penting seperti halnya memelihara organ tubuh lainnya.

Tetapi tanpa kita sadari, beberapa hal kecil yang kita lakukan sehari-hari ternyata dapat merusak otak dan mengganggu fungsinya.

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak otak tanpa kamu sadari:

1. Mendengarkan musik dengan volume tinggi

Banyak orang yang senang atau gemar mendengarkan musik memakai earphone atau headphone dengan volume yang tinggi.

Padahal, kebiasaan ini tak hanya merusak pendengaran saja tetapi juga akan mengakibatkan sejumlah masalah lanjutan pada otak seperti kehilangan memori atau kerusakan jaringan.

baca juga : Jangan Salah, Ini Manfaat Konsumsi Daun Kemangi

2. Kurang minum air

Sebanyak 80% dari otak adalah air, itu sebabnya otak membutuh banyak asupan air agar kita dapat berkonsentrasi dan berpikir cepat. Sangat penting untuk manusia tetap dalam keadaan terhidrasi sepanjang waktu.

3. Berbicara lebih sedikit

Mulut kita didesain untuk menyampaikan pikiran, ide, gagasan, dan informasi yang akan melatih pikiran kita untuk memikirkan berbagai hal.

Orang pendiam dan tidak banyak bicara biasanya diidentikkan sebagai ciri orang pintar, tapi terlalu diam dan kurang berkomunikasi dengan orang lain, justru bisa menurunkan kinerja otak.

baca juga : Simak! Ini Teh Paling Enak Diseduh saat Sakit Tenggorokan

Manusia tidak diciptakan untuk diam sepanjang hidupnya, jika anda berbicara lebih sedikit perkembangan dan pikiran kemungkinan pikiran menjadi akan terbatas.

4. Terlalu banyak di lingkungan yang gelap

Terlalu sering berada di ruangan redup yang tidak mendapat pencahayaan cukup dari sinar alami seperti matahari, ternyata memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan.

Jika kurang mendapat cahaya matahari, kita bisa mengalami depresi dan hal ini akan memperlambat kerja otak, beberapa di antaranya yaitu memperlambat kinerja otak, depresi, gangguan sistem saraf, hingga risiko penyakit jantung.

baca juga : Kekurangan Asupan Serat Berpotensi Alami Penyakit Kanker Usus Besar

Para peneliti merekomendasikan agar anda mencoba menyempatkan diri berada di ruang terbuka yang terpapar matahari pagi untuk membantu menjaga fungsi otak tetap baik.

5. Kurang berimajinasi

Kegiatan berimajinasi ternyata dapat merangsang otak untuk selalu aktif dan berpikir tajam. Sehingga, kurangnya imajinasi memiliki efek sebaliknya.

Beberapa cara untuk melatih imajinasi adalah membaca, nonton film, menggambar, dan berbagai kegiatan lainnya. ***

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Dispar sultra gelar Fasilitasi HAKI bagi pelaku Ekraf

Publiksultra.id – Dinas pariwisata provinsi Sulawesi Tenggara menggelar Fasilitasi H…