Home Berita Vaksinasi Selama Ramadan Diprioritaskan untuk Lansia

Vaksinasi Selama Ramadan Diprioritaskan untuk Lansia

4 min read
0
0
267
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. – Harian Jogja/Desi Suryanto

PUBLIKSULTRA.ID, UMBULHARJO – Pemerintah Kota Jogja terus laksanakan vaksinasi selama Bulan Ramadan tahun 2021 ini. Sasaran utama vaksinasi untuk lansia. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, setiap hari Jumat akan ada vaksinasi massal di Balai Kota Jogja untuk lansia.

Vaksinasi massal ini akan berlangsung pada malam hari, sekitar pukul 19.00 sampai 21.00 WIB. “Target lansia akan dipercepat, termasuk tokoh masyarakat. Teknisnya, tiga orang lansia ada satu orang yang mengantar, yang [pengantar] satu itu bisa ikut vaksin,” kata Heroe saat ditemui di Kompleks Balai Kota Jogja pada Rabu (14/4/2021).

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Ini Bahaya Pakai Masker Lebih dari 6 Jam[/quotes]

Terkait jumlah peserta dalam vaksinasi massal dan teknis lainnya sedang dalam pembahasan. Menurut Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Jogja, Lana Unwanah, sudah ada tambahan stok vaksin untuk Kota Jogja.

“Iya, untuk lansia,” kata Lana terkait sasaran tambahan stok vaksin.

Tambahan vaksin sejumlah 30 ribu dosis. Dengan tambahan ini, maka total stok vaksin di Kota Jogja sekitar 40 ribu dosis.

Selain vaksinasi massal pada malam hari, vaksinasi di fasilitas kesehatan seperti puskesmas, klinik, dan lainnya juga tetap berjalan pada siang hari. Pada hari pertama Ramadhan, ada 1.300 orang yang tervaksin.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Terapkan Prokes Ketat, Saudi Wajibkan Vaksinasi Covid-19 untuk Jamaah Dua Masjid Suci[/quotes]

Kepala Seksi Kemesjidan, Hisab Rukyat dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama Kantor Wilayah DIY, H. Yosep Muniri, vaksinasi siang hari pada bulan Ramadan tidak membatalkan puasa. Hal ini merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 13 Tahun 2021.

“Meskipun sedang puasa dibolehkan. MUI dan ormas [Islam] yang mayoritas juga sudah menyatakan demikian. Sudah ada pertimbangan syar’i-nya,” kata Muniri.

Editor: Sunartono | Sumber: harianjogja.com

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…