Home Berita Terbaru! Duo Djarum Masih Orang Terkaya di Indonesia dengan Kekayaan Rp 562,8 T

Terbaru! Duo Djarum Masih Orang Terkaya di Indonesia dengan Kekayaan Rp 562,8 T

4 min read
0
0
300
Robert Budi Hartono

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID  – Dari 200 orang terkaya yang dirilis Forbes, ada dua nama pengusaha Indonesia yang masuk dalam jajaran 100 teratas orang terkaya yakni dua bersaudara Budi dan Michael Hartono pemilik Djarum.

Dikutip CNBC Indonesia dari Forbes, Budi Hartono berada di urutan 86 dengan total kekayaan US$ 20,5 miliar dan Michael Hartono dengan total kekayaan US$ 19,7 miliar. Keduanya juga merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dengan bisnis besarnya yakni rokok, perbankan, dan elektronik.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Bukannya Bangkrut, Lima Orang Ini Malah Makin Kaya Selama Pandemi[/quotes]

Forbes mencatat, keduanya juga menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia pada 2020. Duo Hartono bersaudara dari Grup Djarum yang mengusai 54,94% saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Grup Keluarga Hartono berawal dari sang Ayah dari Hartono Bersaudara, yakni Oei Wie Gwan membentuk perusahaan rokok dengan brand Djarum pada tahun 1950.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jack Ma Pendiri Alibaba Dikabarkan Meninggal, Ini Faktanya![/quotes]

Bertahun-tahun, perusahaan berhasil tumbuh dan menjadi perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Setelah sang Ayah meninggal di tahun 1963, anaknya yakni Michael Hartono dan Budi Hartono melanjutkannya.

Namun, di saat kepemimpinan dua bersaudara Hartono, mereka melakukan diversifikasi usaha, sehingga usahanya tidak hanya ‘menjual’ rokok. Diversifikasi usaha-nya adalah membentuk perusahaan perbankan bernama Bank Central Asia (BCA). Meski demikian, Djarum pun masih tetap menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Kekayaan Merosot, Kemana Perginya Jack Ma?[/quotes]

Hingga saat ini orang terkaya di dunia masih dipegang oleh pemilik raksasa ritel Amazon, Jeff Bezos selama empat tahun berturut-turut, dengan kekayaan senilai US$ 177 miliar. Sementara Elon Musk meroket ke posisi nomor dua dengan kekayaan US$$ 151 miliar. Amerika Serikat masih memiliki daftar orang kaya yang paling banyak, dengan 724 orang diikuti oleh China (termasuk Hong Kong dan Makau) dengan 698 orang. (*)

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : CNBC Indonesia

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…