Home Artikel Kenali Roadmap Sertifikasi Keahlian Cloud AWS

Kenali Roadmap Sertifikasi Keahlian Cloud AWS

8 min read
0
0
1,068
Ilustrasi AWS

Pendahuluan

Dalam era digital yang terus berkembang, keahlian dalam teknologi cloud computing semakin penting. Salah satu platform cloud terkemuka adalah Amazon Web Services (AWS). Untuk menunjukkan kompetensi dalam menggunakan layanan AWS, sertifikasi keahlian menjadi langkah penting bagi para profesional IT. Artikel ini bertujuan untuk memandu pembaca dalam mengenal roadmap sertifikasi keahlian cloud AWS serta langkah-langkah untuk mempersiapkan diri.

Apa itu AWS dan Pentingnya Sertifikasi?

Amazon Web Services (AWS) adalah platform cloud computing yang menyediakan berbagai layanan seperti komputasi, penyimpanan, dan database secara fleksibel dan terjangkau. AWS telah menjadi pemimpin pasar dalam industri cloud computing dengan pangsa pasar yang besar dan basis pengguna yang luas. Sertifikasi keahlian cloud AWS penting karena mengakui kemampuan individu dalam menggunakan layanan AWS, meningkatkan kepercayaan diri dalam karir IT, dan memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja yang kompetitif. Sertifikasi juga membantu organisasi dalam memilih karyawan yang terampil dalam menggunakan infrastruktur cloud AWS.

Roadmap Sertifikasi Keahlian Cloud AWS

Tingkat Dasar

AWS Certified Cloud Practitioner adalah sertifikasi tingkat dasar yang menunjukkan pemahaman dasar tentang layanan AWS, arsitektur cloud, dan prinsip dasar manajemen AWS. Sertifikasi ini cocok bagi individu yang baru memulai perjalanan mereka dalam dunia cloud computing dan ingin memahami dasar-dasar AWS.

Tingkat Associate

Ada beberapa sertifikasi tingkat associate yang tersedia, seperti AWS Certified Solutions Architect – Associate, AWS Certified Developer – Associate, dan AWS Certified SysOps Administrator – Associate. Setiap sertifikasi ini menilai kemampuan dalam perancangan, pengembangan, dan administrasi solusi AWS pada tingkat menengah. Sertifikasi tingkat associate cocok bagi mereka yang memiliki pengalaman praktis dengan AWS dan ingin mengembangkan keterampilan mereka lebih lanjut.

Tingkat Professional

Pada tingkat professional, terdapat dua sertifikasi utama: AWS Certified Solutions Architect – Professional dan AWS Certified DevOps Engineer – Professional. Sertifikasi ini ditujukan bagi profesional yang memiliki pengalaman luas dalam merancang solusi kompleks dan mengelola infrastruktur AWS dengan efisien. Sertifikasi tingkat professional menunjukkan tingkat keahlian yang tinggi dan keterampilan dalam mengelola lingkungan cloud yang kompleks.

Tingkat Specialty

Selain tingkat dasar, associate, dan professional, terdapat juga sertifikasi tingkat specialty seperti AWS Certified Security – Specialty dan AWS Certified Advanced Networking – Specialty. Sertifikasi tingkat specialty menilai kemampuan dalam bidang keamanan, jaringan, dan area spesifik lainnya dalam lingkungan AWS. Sertifikasi ini cocok bagi mereka yang memiliki minat khusus dan pengalaman dalam area tertentu di dalam cloud AWS.

Persiapan untuk Sertifikasi AWS

Untuk mempersiapkan diri untuk sertifikasi AWS, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Pertama, belajar mandiri melalui dokumentasi AWS dan materi online. Kedua, mengikuti kursus pelatihan resmi AWS yang ditawarkan oleh lembaga pelatihan terkemuka. Ketiga, melakukan praktik langsung dengan menggunakan layanan AWS untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan. Terakhir, mempersiapkan diri secara khusus untuk ujian dengan menguasai keterampilan ujian dan strategi pengujian yang efektif. Dengan persiapan yang tepat, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda dalam mendapatkan sertifikasi keahlian cloud AWS.

Strategi Menghadapi Ujian Sertifikasi AWS

Untuk berhasil dalam ujian sertifikasi AWS, penting untuk memiliki strategi yang baik. Pertama, pahami struktur ujian dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul. Lakukan latihan soal-soal ujian simulasi untuk membiasakan diri dengan format dan tingkat kesulitan pertanyaan. Kedua, buatlah rencana studi yang teratur dengan menetapkan jadwal belajar yang konsisten dan memprioritaskan materi yang perlu dipelajari. Ketiga, manfaatkan berbagai sumber daya belajar seperti buku, video tutorial, dan forum diskusi online untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang materi ujian. Terakhir, jangan lupa untuk mengikuti ujian praktek dan simulasi untuk mengukur kemampuan Anda dan mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki sebelum menghadapi ujian sesungguhnya.

Tips dan Trik untuk Sukses dalam Mendapatkan Sertifikasi AWS

Ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda sukses dalam mendapatkan sertifikasi AWS. Pertama, berlatihlah dengan soal-soal ujian simulasi untuk membiasakan diri dengan jenis pertanyaan yang mungkin muncul dan meningkatkan kecepatan serta ketepatan dalam menjawab. Kedua, buatlah catatan ringkas tentang konsep kunci dan poin penting yang perlu diingat, sehingga Anda dapat merujuk kembali saat mempersiapkan diri. Ketiga, lakukanlah revisi secara berkala untuk memperkuat pemahaman dan mengingat informasi yang telah dipelajari. Terakhir, tetap tenang dan percaya diri saat menghadapi ujian. Jaga konsentrasi dan gunakan waktu yang disediakan dengan efisien untuk menjawab setiap pertanyaan dengan baik.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan Anda dalam mendapatkan sertifikasi keahlian cloud AWS. Selamat belajar dan semoga sukses!

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Artikel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Jenis Pelatihan Kesadaran Keamanan untuk Membangun Kesadaran Siber

Pendahuluan Ketika kita menggunakan internet, seperti media sosial atau email, kita harus …