Home Entertainment Cara Membuat CV untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja yang Menarik

Cara Membuat CV untuk Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja yang Menarik

9 min read
0
0
937
Ilustrasi Membuat CV – Cara Membuat CV untuk Fresh Graduate (Freepik)

publiksultra.id – Bagi seorang fresh graduate, CV adalah suatu dokumen yang penting untuk menunjukkan kemampuan dan bakat dalam dunia kerja. Lantas bagaimana jika Anda tidak memiliki pengalaman sama sekali? Jangan khawatir, karena di bawah ini kami akan memberikan cara membuat CV untuk fresh graduate.

Fresh graduate sendiri adalah seseorang yang baru saja lulus dari perguruan tinggi dan mendapatkan sebuah gelar akademik baik itu jenjang diploma maupun sarjana. Kebanyakan sebutan ini akan bertahan selama 1 hingga 2 tahun setelah seseorang lulus.

Banyak dari fresh graduate yang berpikir jika CV mereka tidak menarik tanpa adanya pengalaman kerja. Namun, kenyataannya tidak semua perusahaan seperti itu. Masih banyak yang mencari tenaga kerja yang benar-benar baru lulus tanpa pengalaman kerja sama sekali.

Cara Membuat CV untuk Fresh Graduate

Di bawah ini terdapat cara untuk membuat CV fresh graduate yang menarik rekruter, dan cara-cara untuk menunjukkan kemampuan yang dimiliki hanya dalam selembar kertas. Tentu ini sangat cocok untuk kalian yang sudah pernah memiliki pengalaman intern maupun tidak berpengalaman sama sekali.

1. Tuliskan Introduction yang Menarik 

Meskipun Anda belum mempunyai begitu banyak latar belakang dan juga pengalaman kerja, Anda tetap harus memberikan kesan yang baik. Bagian CV introduction ini dapat menjadi kesempatan yang bagus untuk menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya.

Jangan sampai Anda hanya menulis kalimat yang membosankan dan terkesan biasa saja. Seperti “Halo, perkenalkan nama saya Ara. Saya mencari pekerjaan sebagai social media administrator,” atau “Saya siap untuk bekerja dalam bidang apa pun yang ada di perusahaan ini.”

Dengan CV introduction ini, rekruter bisa menilai kesan awal yang baik untuk pelamar kerja. Kemudian, jangan lupa juga untuk mencantumkan IPK jika di atas 3,0 agar bisa menjadi salah satu nilai plus juga.

baca juga : Inilah Deretan Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja untuk 5 Tahun Ke Depan

2. Lengkapi Informasi Pendidikan

Umumnya, di dalam kolom pendidikan kita akan selalu menuliskan dengan singkat. Akan tetapi, khusus untuk CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja, harus terdapat sesuatu yang bisa ditambahkan lagi. Adapun tujuannya adalah agar ada nilai tambahan lainnya pada diri Anda.

Hal-hal yang pada umumnya akan dicantumkan dalam kolom informasi pendidikan antara lain yaitu nama perguruan tinggi, jurusan, tahun lulus, dan juga IPK. Selain itu, Anda juga bisa mencantumkan pengalaman unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang diikuti, kegiatan volunteer, kursus maupun seminar, serta karya ilmiah.

Nah, bagaimana jika Anda juga tidak aktif dalam kegiatan apapun selama di kampus? Tenang saja. Anda tetap bisa menunjukan kemampuan dengan cara mencantumkan beberapa sertifikasi dari seminar, kursus, maupun kegiatan volunteer yang pernah Anda jalani semasa kuliah. Pastikan dokumen yang dicantumkan tetap berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar ya!

3. Tambahkan Karir Objektif pada CV Fresh Graduate 

Menambahkan karir objektif pada deskripsi diri ketika membuat CV untuk fresh graduate sangat penting. Sebab karir objektif merupakan suatu pernyataan tentang jenis karir yang akan dicari pelamar beserta dengan kerterampilan yang dimiliki dan cara pelamar dalam menata masa depannya. Karir objektif sangat dibutuhkan rekruter untuk melihat arah terkait fokus si pelamar dan kecocokkannya terhadap lowongan pekerjaan.

4. Tambahkan Prestasi dan Skill

Cara selanjutnya yang bisa meningkatkan profil Anda dalam CV fresh graduate tanpa pengalaman yaitu dengan menambahkan kolom prestasi dan skill. Penting untuk diketahui bahwa prestasi yang Anda dapatkan tidak akan pernag sia-sia begitu saja, justru di saat ingin mencari pekerjaan, prestasi akan sangat memberi nilai tambah.

Bagian prestasi di dalam CV fresh graduate ini juga dapat menunjukkan sedikit karakter dan sifat Anda dalam berorganisasi maupun bekerja bersama tim. Di bagian skill, cobalah untuk memberikan soft dan hard skill yang bisa Anda lakukan. Urutkan mulai dari yang paling Anda kuasai hingga yang biasa saja. Dengan begitu, Anda tak akan kalah unggul dengan beberapa kandidat lainnya.

5. Tambahkan Kegiatan / Projek Menarik 

Jika selama ini Anda juga memiliki kegiatan di dalam atau luar sekolah maupun projek, hal ini juga dapat ditambahkan pada CV Fresh Graduate. Contoh kegiatan tersebut antara lain yaitu:

• Kegiatan Volunteer atau Sukarela

• Pengalaman Organisasi

• Menulis artikel untuk media atau majalah sekolah

• Editor foto/video

• Desainer untuk pembuatan poster atau majalah

• Menjadi event organization untuk sebuah acara

• Menjadi tutor

• Menjadi asisten dosen

• Menyertakan hasil karya atau portofolio untuk lamaran kerja

• Membuat konten di sosial media (content creator)

Ketika menulis bagian ini di dalam CV untuk fresh graduate, adapun formatnya dapat ditaruh di bagian “Pengalaman” atau membuat satu bagian tambahan berjudul “Proyek Pribadi”. Lengkapi semua itu dengan cara menuliskan pencapaian serta tanggung jawab dan waktu di dalam kegiatan itu.

baca juga : Perusahaan BUMN Ini Buka Lowongan Pekerjaan, Cek Syarat Pendaftaran

6. Tetap Jujur Tentang Diri

Hal yang paling pentung saat pembuatan CV fresh Graduate adalah tetap jujur apa adanya. Kejujuran akan menjadi suatu nilai dan awalan yang baik dalam menjalankan karier.  Tidak perlu menambah-nambahkan hal hal yang tak diperlukan, tuliskan apa adanya tentang dirimu. Ketahuilah bahwa rekruter juga mengetahuu siapa kandidat yang jujur dan tidak jujur.

Begitulah cara membuat CV untuk fresh graduate. Semoga membantu Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai keinginan dan impian Anda selama ini. Semoga berhasil!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

sumber : suara.com

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Entertainment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

PPK Uepai Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Pantarlih Pilkada 2024

Uepai, 13 Juni 2024 – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung pa…