Home Berita Waspada! Program Bagi THR Ketum HIPMI Sumbar Dicatut Akun Instagram Palsu

Waspada! Program Bagi THR Ketum HIPMI Sumbar Dicatut Akun Instagram Palsu

5 min read
0
0
97

Publiksutra.id – Modus penipuan yang mencatut nama Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat (Sumbar) Brian Putra Bastara beredar di media sosial Instagram.

Akun palsu Instagram itu memakai foto Brian Putra Bastara dan mengaku seolah itu tim dari program Bagi THR yang resmi, padahal itu diyakini sebagai modus mencuri data penting.

Ketika Harianhaluan.com mencoba mengkonfirmasi ke Ketum HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara terkait akun Instagram tersebut, pihaknya membantah jika itu tim ataupun akun resmi dirinya.

“Bukan Saya. Memang sudah banyak yang menghubungi kita terkait akun Instagram tersebut,” kata Brian, Rabu (27/4/2022).

Penting untuk diketahui akun Instagram Palsu itu menggunakan nama akun Instagram @brian.basttara, dan nantinya bakal meminta pertemanan pada target dan mengirim pesan (DM) ke calon korban. Sekilas nama akun tersebut mirip dengan akun Instagram aslinya @brian.bastara. Hanya saja akun palsu menggunakan doble huruf ‘t’ pada nama belakang Bastara.

Berikut halaman akun palsu brian.basttara dengan caption keterangan berisi:

“Pemilihan pemenang

Ini adalah akun kedua yang dikelola oleh tim. – Silahkan Tunggu DM Dari kami untuk langkah terakhir pengambilan hadiah sck.io/ndijmMZn”

Kemudian, akun tersebut bakal mengirim pesan kepada target sebagai berikut:

“Selamat anda terpilih sebagai pemenang dan MENANGKAN THR 10JUTA untuk 20 pemenang masing-masing mendapatkan 500 Ribu Syarat untuk mendapatkan hadiahnya :

1. Silahkan klik tautan yang sudah ada didalam profil saya lalu unduh Snack Vidionya setelah itu ikuti semua petunjuk yang ada di sana sampai akhir

2. Log in menggunakan Google, No HP, atau Facebook

3. Klik lambang koin atau obor lalu Wajib masukan KODE nya ( 593983503 )

4. Setelah selesai memasukan kode nya harap anda beritahu kami secepatnya nama username akun snackvideo nya agar hadiah bisa secepatnya kami proses ke alamat anda, Kami tidak akan memungut biaya sepeserpun dari persaratan maupun ongkirnya alias gratis.

Terima kasih” penting diketahui ini merupakan akun palsu.

Seperti diketahui, Ketum HIPMI Sumbar Brian Putra Bastara melalui akun Instagram pribadinya @brian.bastara memberikan THR senilai Rp10 juta untuk 20 pemenang dengan nilai Rp500 ribu tiap pemenang, dengan tema “THR Time”.

Namun ada syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan THR dalam program ini, seperti dikutip dari akun Instagram pribadinya Brian Putra Bastara, berikut mekanisme mendapatkan THR itu:

“Silakan mention 3 orang di komen + cerita nanti uangnya mau di pake buat apa?

Syaratnya, wajib follow @basrizal_koto @brian.bastara @dr.elvingultom + like dan share postingan ini.

Tiap hari kita akan pilih beberapa pemenang #THR. Semangat,” tulis akun resmi Brian Putra Bastara.

Modus mencatut nama itu diduga sebagai bentuk pengelabuan atau phising yang bertujuan untuk mencuri data dari calon korban.

“Pengelabuan dalam istilah komputer adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi yang sensitif, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai seseorang atau pebisnis tepercaya melalui komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan,” kata tim Haluan Media Grup, Ricky. (*)

 

Sumber: Harian Haluan

Load More Related Articles
Load More By rifal
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Masyarakat Sipil Nilai Puan Maharani Serius dalam Memperjuangkan UU TPKS

Publiksultra.id – Ketua DPRD Republik Indonesia, Puan Maharani berharap Pemerintah R…