Home Berita Terbang ke Eropa, Anies Baswedan Tinggalkan Jakarta Bahas Hal Ini

Terbang ke Eropa, Anies Baswedan Tinggalkan Jakarta Bahas Hal Ini

3 min read
0
0
59
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Publiksultra.id – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, berencana mengunjungi tiga negara di Eropa yakni Inggris, Jerman dan Prancis. Adapun salah satu agendanya yakni membahas kerja sama pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

“Pertama menindaklanjuti kerja sama transportasi termasuk pembiayaan MRT tapi juga transportasi lainnya,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Selasa, (10/5/2022).

Rencananya, Anies terbang ke Eropa pada Selasa, malam dengan tujuan kunjungan ke kota London, Berlin dan Paris selama delapan hari.

Selain soal MRT, Anies ke Benua Biru juga dalam rangka memenuhi undangan dari komunitas di kawasan itu soal mobilitas dan transportasi. Kemudian, agenda ketiga yakni soal rencana kerja sama sister city dan smart city.

“Itu ada undangan. Jadi memang kepergian Pak Anies dan jajaran ada undangan,” ujar Ariza.

Untuk gambaran, Jakarta sudah memiliki kerja sama sister city dengan sejumlah kota di dunia di antaranya Jeddah, Seoul, Islamabad, Rotterdam, Tokyo, Los Angles, Casablanca, dan Beijing.

Kemudian, Arkansas, Berlin, New South Wales, Paris, Bangkok, Hanoi, Istanbul, Maputo, Kyiv, Moskow, Al Qud’s As Shareef atau Jerusalem, Pyongyang hingga Budapest.

Sebelumnya, Anies mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh atau pejabat dari luar negeri salah satu di antaranya dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan ketika berkunjung ke Indonesia pada Rabu, 23 Februari 2022.

Kedua tokoh itu membahas potensi kolaborasi antara Jakarta dengan Inggris dalam berbagai program terkait iklim. Terlebih Jakarta memiliki target untuk mencapai zero emission pada tahun 2050.

Tak hanya itu, pertemuan itu juga mendiskusikan terkait transportasi umum di Jakarta, khususnya elektrifikasi transportasi umum massal serta pengembangan rute MRT Jakarta.

“Jakarta menyambut baik prakarsa potensi keterlibatan Inggris dalam bersama-sama membangun MRT Timur-Barat ini. Insya Allah, semua berjalan lancar,” jelas Anies pada 23 Februari 2022 lalu.

 

Sumber: Harianhaluan.com

Load More Related Articles
Load More By frisca angelhine
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Jokowi Tak Disambut Pejabat AS, Natalius Pigai: Gara-gara Dukung Rusia

Publiksultra.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berada di Washington DC, Amer…