Home Berita Terawan Dipecat IDI, Mantan Staf Deklarasikan Organisasi Kedokteran PDSI

Terawan Dipecat IDI, Mantan Staf Deklarasikan Organisasi Kedokteran PDSI

3 min read
0
0
89
Deklarasi Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) (Istimewa)

Publiksultra.id – Jelang putusan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) terkait nasib dokter Terawan, sejumlah dokter mendeklarasikan organisasi kedokteran baru.

Organisasi yang diberi nama Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI) itu bernaung pada SK Kemenkumham RI No. AHU-003638.AH.01.07.2022 tentang Pengesahan Pendirian Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia.

“Berdirinya perkumpulan ini untuk memenuhi hak warga negara Indonesia dalam berserikat dan berkumpul, serta mengeluarkan pendapat yang dijamin oleh Pasal 28 UUD 1945 selaku konstitusi tertinggi di Indonesia. Hak kami diwujudkan dalam SK Kemenkumham tersebut,” papar Ketua Umum PDSI Brigjen TNI (Purn) dr. Jajang Edi Priyanto, Rabu (27/4/2022).

Dokter Jajang yang merupakan mantan staf khusus dokter Terawan menyebut organisasi ini difokuskan untuk dunia kesehatan pada umumnya dan dunia kedokteran khususnya.

“Kami pastikan, PDSI hadir dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” kata dia.

Ia menegaskan bahwa PDSI menjunjung tinggi kewenangan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) sebagai wakil negara dalam mengurus sertifikasi, pendidikan kedokteran berkelanjutan, serta hal-hal yang terkait pendidikan serta pembinaan praktik kedokteran.

“Sudah saatnya asosiasi medis hanya berfokus pada perlindungan hukum dan kesejahteraan, lazimnya asosiasi medis di negara maju lainnya. Sudah saatnya asosiasi medis bekerja secara proporsional dengan bekerjasama bersama pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

Dalam hal ini, dokter Jajang mengimbau untuk melihat manfaat dan visi misi PDSI yang fokus mengedepankan inovasi anak bangsa hingga target menekan biaya pendidikan kedokteran.

Hal ini ditujukan agar profesi dokter di Indonesia bisa lebih banyak.

“Bagi temen-temen dokter yang lain kami persilahkan untuk memilih organisasi mana yang dipandang oleh teman-teman sangat nyaman untuk diikuti,” terang dia.

“Ini adalah pilihan, kalau memang di PDSI itu manfaatnya lebih banyak daripada mudharatnya, silahkan masuk ke PDSI,” sambungnya.

 

Sumber: Harianhaluan.com

 

 

Load More Related Articles
Load More By frisca angelhine
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Jokowi Tak Disambut Pejabat AS, Natalius Pigai: Gara-gara Dukung Rusia

Publiksultra.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berada di Washington DC, Amer…