Home Berita Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter

Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter

2 min read
2
0
435
Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang pada Minggu (17/1/2021) petang kembali mengalami erupsi. (FOTO ANTARA/HO-BPBD Karo)

MEDAN,PUBLIKSULTRA.ID-Bencana letusan gunung kembali  terjadi lagi. Gunung Sinabung di provinsi Sumatera Utara meletus, Minggu petang (17/1/2021).

Menurut Plt Kepala (BPBD) Kabupaten Karo, Sumut  Natanail Perangin-angin,  Gunung Sinabung   pada Minggu (17/1) petang sekitar pukul 16.50 WIB, menyemburkan debu setinggi lebih kurang 500 meter.

“Erupsi Gunung Sinabung di atas puncak lebih kurang 2.960 meter di atas permukaan laut,” katanya kepada Antara, Minggu  malam.

baca juga : Gempa Sulbar: 27 Tewas, 637 Luka-Luka, 15.000 Mengungsi

Ia menyebutkan erupsi Sinabung ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 44 mm dan durasi lebih kurang dua menit.

Saat ini, kata dia, Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga) dengan rekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar. (*)

Editor : Dodi

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

2 Comments

  1. […] baca juga : Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter […]

    Reply

  2. […] baca juga : Sinabung Meletus, Semburkan Abu 500 Meter […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Jenis Pelatihan Kesadaran Keamanan untuk Membangun Kesadaran Siber

Pendahuluan Ketika kita menggunakan internet, seperti media sosial atau email, kita harus …