Home Berita Rektor UI Panggil BEM Usai Kritik Jokowi, Jamiluddin Ritonga: Kampus Harus Steril dari Kekuasaan

Rektor UI Panggil BEM Usai Kritik Jokowi, Jamiluddin Ritonga: Kampus Harus Steril dari Kekuasaan

3 min read
2
0
291
Jamiluddin Ritongga

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga menyayangkan pemanggilan pihak RektorUniversitas Indonesia (UI) terhadap pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) perguruan tersebut. Pemanggilan itu terkait kritik BEM UI di akun instragram BEM UI yang bertajuk “Jokowi: The King of Lip Service”.

“Tidak selayaknya kritik diselesaikan dengan pemanggilan semacam itu. Penanganan kritik semacam itu sama saja dengan upaya pembungkaman kebebasan berpendapat. Padahal kampus seharusnya sebagai garda terdepan dalam memperjuangkan kebebasan berpendapat,” tegas Dekan FIKOM IISIP Jakarta 1996 – 1999 itu kepada media ini, Senin (28/6/2021).

Kalau kampus sudah mengintervensi kebebasan berpendapat, tegas pengajar Universitas Esa Unggul itu, maka sebagai benteng pertahanan terakhir dalam mengemukakan pendapat sudah berakhir. “Hal itu tentu berbahaya dalam perkembangan demokrasi di tanah air. Lonceng kematian berdemokrasi tinggal menunggu waktu saja,” tegas Jamil.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Dikritik BEM UI, Presiden Jokowi: Kampus tak Perlu Halangi Mahasiswa Berekspresi[/quotes]

Karena itu, dia mengimbau para rektor harus bersikap dengan menentang keras upaya pembungkaman kebebasan berpendapat. Para rektor harus menjaga kampus terbebas dari intervensi kekuasaan, terutama dalam kebebasan berpendapat.

“Para rektor juga harus menjamin civitas akademika tidak merasa takut dalam berpendapat. Hanya dengan begitu, kampus tetap steril dari intervensi kekuasaan,” kata Jamil mengingatkan. (*)

Reporter : Syafril Amir | Editor : Agoes Embun

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

2 Comments

  1. […] baca juga : Rektor UI Panggil BEM Usai Kritik Jokowi, Jamiluddin Ritonga: Kampus Harus Steril dari Kekuasaan […]

    Reply

  2. […] Baca Juga : Rektor UI Panggil BEM Usai Kritik Jokowi, Jamiluddin Ritonga: Kampus Harus Steril dari Kekuasaan […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Pabrik Tesla Rugi Miliaran Dolar AS, Begini Penuturan Elon Musk

PUBLIKSULTRA.ID – Elon Musk, pemilik perusahaan mobil listrik kenamaan Tesla mengung…