Home Berita Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Melindungi Rumah dari Banjir

Musim Hujan Tiba, Berikut Tips Melindungi Rumah dari Banjir

7 min read
0
0
286
Ilustrasi Banjir

Publiksultra.id – Banjir menjadi salah satu bencana yang sampai saat ini masih belum bisa terselesaikan. Salah satu penyebab banjir adalah curah hujan yang tinggi ketika sedang datang musim hujan.

Akibatnya, banyak sekali rumah kebanjiran serta jalanan yang tergenang air hingga memotong akses jalannya kendaraan.

Karena di bulan ini sudah memasuki musim hujan, kamu harus mulai waspada untuk melindungi rumahmu jika sewaktu-waktu akan terkena banjir. Untuk itu, ikuti tips untuk melindungi rumahmu dari banjir ketika musim hujan tiba.

1. Jaga Arus Listrik di Rumah
Jika kamu tinggal di lokasi yang rawan terkena banjir atau tinggal di daerah dataran rendah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mendesain arus dan sistem listrik di rumah agar aman dari genangan air.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Bareskrim Polri Turun Selidiki Banjir Kalsel, Ini Ternyata Penyebabnya[/quotes]

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu memasang saklar, soket listrik, dan juga kabel minimal 1 meter dari lantai rumah atau dipasang di permukaan yang lebih tinggi. Hal ini akan meminimalisir terjadinya korsleting listrik jika rumahmu terendam banjir.

2. Letakkan Perlengkapan Rumah yang Menggunakan Listrik dan Bahan Bakar di Tempat Tinggi
Kedua adalah tempatkan perlengkapan yang menggunakan listrik dan juga bahan bakar seperti AC, mesin cuci, kompor, tabung gas, pemanas air, dan barang-barang lainnya di tempat tinggi atau di lantai 2 rumah mu.

Karena jika air sudah masuk ke dalam rumah, kamu tidak perlu repot untuk memindahkan barang-barang yang berpotensi rusak jika terkena air. Selain itu, cara ini akan lebih menghemat pengeluaran karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk service mesin.

3. Meninggikan Permukaan Lantai Rumah
Jika kamu memilih tempat tinggal di daerah langganan banjir, kamu harus siap untuk membangun rumah anti banjir. Salah satu caranya adalah meninggikan permukaan lantai rumah dari dataran di luar.

Jadi walaupun banjir, tidak akan banyak air yang masuk ke dalam rumah karena posisi lantai rumah lebih tinggi dari pada permukaan di luar rumah.

4. Menutup Lubang Kecil di Lantai atau Sudut Rumah
Periksalah apakah lantai atau sudut rumahmu memiliki lubang-lubang kecil. Jika ada, tutuplah lubang tersebut dengan semen sampai rata. Jika lubang tersebut dibiarkan akan memudahkan air masuk dari dalam tanah dan merembes ke dalam sela-sela rumah.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Ini Lima Teknologi Pencegah Banjir dari Berbagai Negara, Indonesia Berminat?[/quotes]

Periksa juga di lantai kamar mandi apakah lantainya sudah rapat atau masih ada celah untuk air masuk. Karena tidak jarang banjir masuk melalui lantai kamar mandi yang longgar.

5. Bersihkan Saluran Pembuangan Air
Selalu bersihkan saluran pembuangan air agar tidak ada kotoran yang mengendap di pipa. Selain itu, periksa juga apakah saluran air tidak mengalami kerusakan. Karena jika kotor dan rusak, akan menahan air yang seharusnya di buang.

Selain itu, pasang saluran pembuangan air ke lokasi yang lebih rendah agar air lebih mudah dibuang.

6. Membuat Taman Mini di Halaman Rumah
Kalau halaman di rumahmu cukup luas, sisakan sedikit lahan untuk membuat taman atau pekarangan. Taman yang ditanam dengan berbagai jenis tanamanan akan membuat air hujan meresap lebih mudah ke dalam tanah.

Pohon dan juga tanaman akan lebih mudah menyerap air dibandingkan dengan lahan yang sudah dibuat bangunan. Karena salah satu penyebab banjir di perkotaan besar adalah minimnya sistem drainase dan juga sedikitnya permukaan tanah.

Itu tadi adalah tips untuk melindungi rumah saat sudah masuk musim hujan agar tidak terkena banjir. Selain tips di atas, jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarang. Karena sampah yang menumpuk membuat air tidak bisa mengalir dan menyebabkan banjir di mana-mana.

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…