Home Berita Longsor Jebol Rumah Warga Gedangsari Gunungkidul

Longsor Jebol Rumah Warga Gedangsari Gunungkidul

3 min read
0
0
133

Publiksultra.id, GUNUNGKIDUL–Hujan deras yang mengguyur pada Minggu (24/4/2022) mengakibatkan longsor di Dusun Baturturu, Mertelu, Gedangsari. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tetapi material longsoran menjebol dinding rumah milik Sumardiyono,78.

Kepala Bidang Pengendalian dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi, mengatakan sudah mendapatkan laporan terkait dengan longsor di Dusun Baturturu. Peristiwa ini terjadi karena hujan deras yang mengguyur wilayah Gedangsari pada Minggu sore yang mengakibatkan tebing di samping rumah korban ambrol hingga menjebol tembok.

“Hujan deras dan saat kejadian terdengar suara bergemuruh. Setelah dicek oleh korban, ternyata dinding rumah sudah jebol karena tertimpa material bebatuan dari longsoran tebing,” kata Sumadi, Senin (25/4/2022).

Meski ada kerusakan bangunan akibat longsor, ia memastikan tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Upaya penanganan juga sudah dilakukan sejak Minggu malam dengan menyangga bagian tembok dengan dengan batang kayu. Ditaksir kerugian akibat peristiwa tersebut mencapai Rp10 juta.

“Senin pagi warga juga sudah kerja bakti untuk memindahkan material longsoran di lokasi kejadian,” katanya.

Sumadi menambahkan sudah menerjunkan personel ke lokasi untuk membantu serta membawa logistik sebagai bantuan. Menurut dia, hasil identifikasi dari BPBD, wilayah Gedangsari merupakan salah satu lokasi yang rawan longsor dikarenakan kondisi geografis yang didominasi kawasan perbukitan.

“Untuk rawan longsor selain Gedangsari, ada juga Nglipar, Patuk, Ngawen, Semin dan Ponjong,” katanya.

Sumber: Harianjogja.com

Load More Related Articles
Load More By Saharuddin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Inilah Hukum Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H bagi Umat Muslim

Hari Raya Idul Fitri 1443 H biasanya diikuti dengan tradisi bersalaman dan ucapan selamat …