Home Berita Kapal Perang PC-40M 935 Resmi Diluncurkan Aslog Kasal

Kapal Perang PC-40M 935 Resmi Diluncurkan Aslog Kasal

5 min read
0
0
348

BATAM,PUBLIKSULTRA.ID-Kapal Perang Patroli Cepat 40 Meter (PC-40 M) 935, resmi diluncurkan Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda (Laksda) TNI Puguh Santoso SE MM, Selasa (25/5/2021) siang.

Peluncuran dilaksanakan  di PT Karimun Anugerah Sejati (KAS) Tanjung Uncang, Batuaji-Batam, Kepri

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : KRI Nanggala 402 Tenggelam, Serda Diyut Sempat Berpesan Jasadnya Ingin Dibawa ke Pangkuan Ibunda[/quotes]

Dalam sambutannya, Aslog Kasl mengatakan bahwa kehadiran kapal PC-40 M tersebut sebagai upaya memperkuat keamanan wilayah maritim Indonesia. Kapal tersebut akan diperbantukan di Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) guna mendukung tugas TNI AL.

“Kapal PC 40 M ini nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu hydraulic oceanography diharapkan dapat menajamkan dan mendukung Pushidrosal) dalam memantapkan perannya sebagai lembaga geografy dan informasi Indonesia,” ungkap Aslog Kasal, seperti dikutip dari Haluankepri.com.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga :KRI Nanggala Tenggelam, Singapura Kirim Surat Duka ke Jokowi[/quotes]

Dijelaskan Aslog KASAL, bahwa pembangunan kapal PC-40 M ini mempunyai makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan nasional terbukti dari PT KAS yang mampu diandalkan dalam pengembangan teknologi industri pertahanan bagi kepentingan nasional.

“Diharapkan kemampuan tersebut dapat dijadikan bukti untuk mengurangi ketergantungan bagi negara lain terhadap pengadaan Alutsita Angkatan Laut dimasa mendatang,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT KAS, Frengky Sucipto mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh TNI Angkatan Laut dalam membuat Kapal PC-40M, dan kepercayaan tersebut diwujudkan dengan menghadirkan kapal PC yang tepat waktu dan tepat mutu.

“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, dan kami berupaya menghadirkannya (Kapal PC, red) tepat waktu dan tepat mutu,” ungkapnya.

Kapal patroli cepat 40-M ini, lanjutnya, memiliki spesifikasi panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton. Dimana kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot, kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot.

Peluncuran yang ditandai dengan pemotongan tali kapal oleh Aslog KASAL dan penandatanganan Berita Acara (BA), juga hadir para jajaran petinggi TNI AL, diantaranya Wadan Pushidrosal Kadismatal, Kadislaikmatal, Kadisadal, Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla, Danlanal Batam serta management PT KAS. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…