Home Berita Jika Ingin Sehat, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Minum Teh

Jika Ingin Sehat, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Minum Teh

7 min read
1
0
229
Secangkir teh hijau – istimewa

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Kesalahan saat minum teh bisa mengurangi nutrisi bahkan membuat teh jadi tak sehat. Kesalahan itu sifatnya sederhana dan kerap dilakukan oleh kita yang menyukai teh.

Sebenarnya teh memiliki senyawa antioksidan yang bisa mendetoksifikasi racun dalam tubuh, ungkap Kepala Pusat Studi Biofarmaka Tropika LPPM IPB Irmanida Batubara. Antioksidan juga baik untuk kesehatan pencernaan, menjaga gula darah normal hingga anti penuaan yang alami.

“Banyak sekali manfaat teh karena kandungan antioksidannya. Dia bisa sebagai detoks racun, anti kanker, anti inflamasi, mencegah penuaan, dan menjaga berat badan,” kata Irma dalam sebuah diskusi online, dikutip dari CNBC Indonesia, Minggu (30/5/2021).

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Waspadai 12 Tanda Gula Darah Dalam Tubuh Sedang Tinggi[/quotes]

Sayangnya ada sejumlah kesalahan yang bakal membuat khasiat teh menjadi hilang. Berikut lima kesalahan tersebut dan membuat teh jadi tidak sehat lagi:

1. Diminum Sesudah Makan

Jika sering meminum teh setelah makan sebaiknya dihentikan. Disarankan untuk meminumnya satu jam sebelum makan. Ini karena teh bisa mendetoks racun atau zat pengawet dalam makanan. Jika minum teh setelah makan bisa mengacaukan penyerapan zat gizi di dalam tubuh.

Penyerapan zat besi dan protein pada makanan juga bisa terhambat karena ada kandungan asam fitrat.

“Sebenarnya yang dikhawatirkan kalau minum teh setelah makan adalah kandungan asam fitratnya menghambat penyerapan nutrisi, tapi tetap nutrisi diserap, hanya terhambat,” ungkap Irma.

2. Kantong Teh Direndam Terlalu Lama

Jika minum teh celup, diingatkan untuk tidak merendam kantong teh terlalu lama. Jika dilakukan lebih dari tiga menit, membuat teh jadi beracun dan nutrisi menjadi hilang.

Partikel dalam kantong teh dapat terjatuh dan larut di minuman yang dikonsumsi, ungkap Cub Above Tea.

Sementara Halodoc menyebutkan merendam kantong teh terlalu lama bisa menyebabkan menjadi kental dan merusak rasa. Teh yang kental itu dapat mengganggu ginjal bekerja.

3. Air Terlalu Panas

Kamu perlu tahu jenis teh yang digunakan membutuhkan suhu air seperti apa. Sebab, hal itu bisa memengaruhi rasa teh dan beberapa diantaranya memerlukan suhu yang berbeda-beda.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Terkena Radang Tenggorokan? Coba Deh Konsumsi 10 Bahan Alami Ini[/quotes]

Jika terlalu panas, teh akan menjadi pahit. Sedangkan kurang panas maka daun teh tidak terekstraksi dengan baik, membuat nutrinya tidak sempurna.

Teh hitam yang biasanya ditemui di Indonesia membutuhkan suhu air 90 derajat celcius untuk bisa terekstraksi sempurna. Sementara suhu 70-80 derajat celcius dibutuhkan oleh teh hijau.

4. Daun Teh Terendam dalam Teko

Kesalahan ini kerap dilakukan yakni membuat daun teh terendam dalam teko tanpa menggunakan penyaringan. Diingatkan untuk menyaring daun sebelum diseduh.

Jika daun teh dibiarkan terendam, maka rasa teh akan berubah menjadi lebih pekat dan pahit. Lalu membuat kamu akan menambahkan pendamping teh seperti susu, gula ataupun krimer agar tak terasa pahit lagi.

5. Menambahkan Terlalu Banyak Gula

Teh manis memang jadi favorit beberapa orang, namun pemanis buatan ini membuatnya sama seperti minuman kemasan lain.

Melansir Eat This, Not That!, memberikan gula pada teh membuat minuman itu jadi tak sehat dan akan lebih parah jika sebelumnya mengonsumsi makanan dengan banyak kandungan gula.

Jika meminum teh untuk diet, menambahkan krim atau susu juga tak baik sebab keduanya akan menambah kalori pada minuman itu. Lalu apa yang paling sehat? yakni meminum teh tawar, tanpa ada gula serta krimer.

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : CNBC Indonesia

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

One Comment

  1. […] Baca Juga :  Jika Ingin Sehat, Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Minum Teh […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…