Home Berita Empat Pelaku Penyeludupan 225.664 Ekor Benih Lobster ke Malaysia Diamankan Petugas

Empat Pelaku Penyeludupan 225.664 Ekor Benih Lobster ke Malaysia Diamankan Petugas

4 min read
0
0
336

PUBLIKSULTRA.ID – Empat pelaku penyeludupan 225.664 ekor benih lobster atau senilai Rp33,8 miliar berhasil diamankan petugas. Keempatnya akan diproses secara hukum.

Pengungkapan berawal dari laporan yang masuk ke Direktorat Penindakan dan Penyelidikan Kantor Pusat Bea Cukai Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim). Tim gabungan berangkat menuju lokasi di Jalan Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan, Palembang, Kamis (17/6).

Petugas menggeledah dua mobil minibus dan didapati barang bukti yang disimpan dalam 27 boks styrofoam. Pengiriman benih lobster jenis pasir itu tidak dilengkapi dokumen resmi dan diduga hendak diselundupkan.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Perkembangan Terbaru Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Komnas HAM Sebut Voice Note Bisa Bikin Terang[/quotes]

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumbagtim Dwijo Muryono mengungkapkan, petugas mengamankan empat pelaku, yakni SS, R, SG, dan M. Mereka mengaku membawa benih lobster itu dari Krui, Lampung, dan hendak dibawa ke Malaysia melalui jalur darat.

“Kemarin kami amankan benih lobster yang dihitung senilai Rp33,8 miliar. Empat pelaku sebagai kurir diperintah membawanya ke Malaysia,” ungkap Dwijo, Jumat (18/6).

Dari pengakuan pelaku, benih lobster itu seharga Rp150 ribu per ekor. Untuk kelanjutan ekosistem, barang bukti dilepasliarkan ke wilayah konservasi Lampung.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Korupsi Bansos Juliari, Hakim Pertanyakan Kiriman Uang Ratusan Juta Lewat OB[/quotes]

“Para pelaku sedang diperiksa untuk dilakukan pengembangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Palembang Sugeng Prayogo mengatakan, lobster asal Lampung kerap dijadikan sindikat untuk diselundupkan ke luar negeri. Kawasan Pantai Timur Sumatera, Lampung, menjadi habitat lobster jenis pasir.

“Permintaan ekspor lobster memang tinggi, harganya bisa Rp1,5 juta per kilo untuk lobster dewasa. Karena itulah para pelaku menyelundupkan benih lobster yang bisa seharga Rp150 ribu per ekor,” pungkasnya. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : merdeka.com

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Polemik Holywings, Ridwan Kamil Minta Bertindak Tegas!

Publiksultra.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Kota Bogo…