Home Berita Cek Fakta, Benarkah Air Kelapa Panas Mampu Sembuhkan Kanker?

Cek Fakta, Benarkah Air Kelapa Panas Mampu Sembuhkan Kanker?

13 min read
0
0
299
Cek Fakta, Benarkah Air Kelapa Panas Mampu Sembuhkan Kanker?
Ilustrasi

PUBLIKSULTRA.ID – Ramai beredar melalui pesan singkat WhatsApp, Manfaat air kelapa dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Selain rasanya yang segar, manfaatnya juga dikaitkan dengan kandungan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Selain untuk kesehatan, air kelapa juga baik untuk perawatan kulit dan juga dipercaya bisa membuat awet muda tanpa ribet. Tidak hanya sampai di situ saja, beberapa waktu lalu bahkan beredar pesan di WhatsApp jika air kelapa mampu menyembuhkan beragam penyakit kanker yang berbahaya.

Dalam pesan viral di WhatsApp, menyebutkan bahwa air kelapa yang dipanaskan mampu menyembuhkan semua jenis kanker. Tidak tanggung-tanggung, salah satu dokter pun menjadi sumber dari pesan tersebut. Lantas benarkah demikian? Dan bagaimana bisa memberikan efek bagi penyakit kanker?

Baca Juga: Berani Coba? Secangkir Kopi Harga Rp 724 Ribu Dibuat dari Kotoran Gajah

Adapun pesan lengkap yang beredar WhatsApp tersebut sempat mengklaim, minum air kelapa panas bisa menyembuhkan segala bentuk kanker.

Ini menyarankan pembaca untuk menambahkan air panas ke beberapa irisan tipis serpihan kelapa dan produk akan menjadi ‘air alkali.’

Pesan itu dikatakan berasal dari Dr Abbas Hussain Kazmi dari Rumah Sakit Sheikh Zaid meskipun lokasi rumah sakit (negara) tidak dicantumkan. Di sana disebutkan bahwa, air kelapa panas yang diberikan potongan daging kelapa akan menjadi air alkali. Dan kemudian air alkali tersebut setiap hari untuk memberikan efek terhadap tumor dan menyembuhkan beragam kanker.

Mengungkap Mitos Tentang Air Kelapa

Dikutip ikutrame.com dari Sahara Reporters, kelapa pada dasarnya diidentifikasi sebagai buah-buahan, yang umum di daerah tropis di seluruh dunia. Seperti setiap buah lainnya, kelapa memiliki manfaat bagi kesehatan. Oleh karena itu, tidak jarang klaim seperti itu muncul ke permukaan.

Air kelapa adalah cairan bening yang ditemukan di dalam kelapa yang belum matang. Ini adalah jus yang ditemukan di tengah kelapa muda hijau yang membantu menyehatkan buah.

Saat kelapa matang, sebagian sarinya tetap dalam bentuk cair sementara sisanya membentuk bagian dari daging putih padat yang dikenal sebagai daging kelapa.

Perlu diketahui bahwa kelapa berbeda dengan santan. Santan diperoleh dengan membuang dan memarut daging putih yang keras dan memeras jus susu.

Kandungan Air Kelapa

terdiri dari 95% air dengan sejumlah kecil karbohidrat, protein, minyak, vitamin dan mineral. Ada banyak penelitian tentang banyak manfaat air kelapa, banyak di antaranya telah mengenali sifat kimianya.

Dari penelitian sebelumnya, komposisi kimia air yang terdapat didalamnya telah diidentifikasi sebagai Fitohormon. Ini adalah sekelompok senyawa organik alami yang memainkan peran penting dalam mengatur pertumbuhan tanaman dalam berbagai proses perkembangan.

Air kelapa kaya akan karbohidrat dan elektrolit seperti kalium, natrium dan magnesium. Juga mengandung vitamin yang larut dalam air. Secara khusus, Vitamin C (asam askorbat) dan berbagai Vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B7 dan B9).

Terkait, sebuah penelitian telah menemukan bahwa kadar vitamin B6 dan folat dalam plasma yang tinggi dapat mengurangi risiko kanker payudara. Juga, adanya asam askorbat (Vitamin C) dalam air kelapa alami berkorelasi dengan sifat antioksidan makanan. Istilah “antioksidan” mengacu pada molekul apa pun yang mampu menstabilkan atau menonaktifkan radikal bebas sebelum mereka menyerang sel.

Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang dapat merusak sel, menyebabkan penyakit dan penuaan. Mereka menghasilkan perubahan merugikan progresif yang menumpuk seiring bertambahnya usia di seluruh tubuh. Ini bisa bermanifestasi sebagai penyakit pada usia tertentu yang ditentukan oleh beberapa faktor genetik dan lingkungan. Kanker, penyebab utama kematian, adalah penyakit “radikal bebas” yang menonjol.

Dengan semua komponen yang tercantum di atas, manfaat lain dari air kelapa berkisar dari rehidrasi, meskipun tidak ada bukti yang cukup untuk ini. Sebuah penelitian sebelumnya juga telah menguji potensi air kelapa dalam menyembuhkan diabetes, meskipun pada tikus.

Air kelapa tidak pernah disebut-sebut sebagai satu-satunya obat untuk semua jenis kanker.

Apa itu Kanker?

Kanker adalah penyakit yang terjadi ketika perubahan sel menyebabkan pertumbuhan dan pembelahan sel yang tidak terkendali. Sebuah sel menerima instruksi untuk mati agar tubuh dapat menggantinya dengan sel baru yang berfungsi lebih baik. Sel kanker tidak memiliki komponen yang memerintahkan mereka untuk berhenti membelah dan mati.

Menurut sebuah laporan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020. Ini mengidentifikasi kasus kanker yang paling umum sebagai kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar dan rektum, kanker prostat, kanker kulit dan kanker perut.

Menyoroti faktor risiko kanker, laporan tersebut termasuk penggunaan tembakau, penggunaan alkohol, diet tidak sehat, aktivitas fisik; polusi udara dan infeksi kronis seperti Helicobacter pylori, human papillomavirus (HPV), virus hepatitis B, virus hepatitis C, dan virus Epstein-Barr (3).

Perlakuan

Dari studi yang diulas, metode pengobatan kanker yang sudah mapan meliputi kemoterapi; terapi hormon; imunoterapi; obat presisi; radiasi; transplantasi sel induk dan pembedahan.

Sebagian dari klaim itu juga mengatakan air kelapa panas membuatnya menjadi “air alkali.

Dari pemeriksaan oleh Dubawa, saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung gagasan bahwa air alkali dapat mengobati atau mencegah kanker.

Ketika dihubungi, Honey Anazoeze, ahli hematologi di Institute of Molecular Medicine and Infectious Diseases, University of Nigeria, Enugu Campus, mengatakan pesan itu adalah hoax karena tidak ada obat tunggal untuk semua jenis kanker. Dia mengatakan ada berbagai penyebab kanker.

Menurutnya, secara ilmiah hal seperti itu tidak mungkin. Dia menyamakan air kelapa dengan tablet multivitamin, mengikuti komposisi kimianya. Dia memperingatkan bahwa penderita kanker harus minum obat mereka dan menemui dokter mereka.

“Sulit untuk memiliki satu hal yang menyembuhkan semua jenis kanker, itu hampir tidak mungkin karena berbagai jenis kanker memiliki penyebab yang berbeda sehingga seseorang yang mengatakan satu item dapat menyembuhkan semua kanker hampir tidak mungkin. Saya belum pernah mendengar hal ini,” kata Anazoeze.

“Saya tidak percaya pesan seperti itu. Komposisi air kelapa membuatnya seperti tablet multivitamin. Saya pikir pisang mengandung semua ini. Melihat dari latar belakang sains, saya rasa tidak mungkin. Metodenya harus diuji terlebih dahulu, untuk orang yang siap menerimanya ketika mereka menderita kanker tetapi saya rasa itu tidak benar,” tambahnya.

Seorang praktisi medis keluarga, Segun Bankole, mengatakan klaim seperti itu sebaiknya dibantah. Ini karena dapat menyebabkan banyak bahaya bagi orang yang sudah mengobati kanker.

Dia menyatakan bahwa, orang-orang cenderung meninggalkan obat-obatan yang diresepkan, berhenti melakukan pemeriksaan, dan mulai menggunakan cara ini.

Dia mengamati bahwa klaim tersebut belum terbukti secara ilmiah. Dan mendesak setiap peneliti yang telah berhasil menggunakan metode ini, untuk mendokumentasikannya.

“Siapa pun yang menderita kanker harus pergi ke rumah sakit dan diperiksa dengan benar, didiagnosis dan diobati dengan benar. Beberapa kanker dapat disembuhkan, tidak semua kanker benar-benar mematikan,” kata Bankole.

Air kelapa memang sehat tapi tidak untuk menyembuhkan kanker. Itu tidak berdasar, tidak ada yang harus percaya. Ada berbagai jenis kanker dan metode yang berbeda untuk mengobatinya. Beberapa umum dengan pria, beberapa umum dengan wanita.

Kesimpulan: Air kelapa dikatakan baik untuk tubuh tetapi belum terbukti mampu menyembuhkan segala jenis kanker. Juga, informasi bahwa air kelapa panas berubah menjadi air alkali telah dibantah. Pasien kanker disarankan untuk menemui dokter untuk mengetahui metode pengobatan terbaik yang sesuai dengan jenis kanker. (*)

Load More Related Articles
Load More By admin
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

7 Pola Hidup Sehat untuk Tingkatkan Fungsi Jantung

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Jantung adalah organ vital yang harus kita jaga kesehatannya. O…