Home Berita Ada Indikasi Kubu-kubuan di PDIP, Jamiluddin Ritonga: Jokowi Cenderung ke Ganjar

Ada Indikasi Kubu-kubuan di PDIP, Jamiluddin Ritonga: Jokowi Cenderung ke Ganjar

4 min read
1
0
559
Jamiluddin Ritonga

JAKARTA, PUBLIKSULTRA.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menghadiri pengukuhan profesor kehomatan Megawati Soekarnoputri di kampus Universitas Pertahanan (Unhan), Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/6/2020).

Jokowi lebih memilih kunjungan kerja (Kunker) ke Jawa Tengah daripada menghadiri pengukuhan gelar profesor Ketua Umum PDIP itu. Jokowi hanya mengirim ucapan selamat kepada Megawati melalui video.

Dalam pengukuhan itu, Megawati didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo bahkan duduk berdampingan dengan Puan Maharani.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]Baca Juga : Jadi Tersangka Dugaan Suap, Nurdin Abdullah Mengaku ke PDIP Tak Korupsi[/quotes]

“Peristiwa tersebut tentu menimbulkan spekulasi, Jokowi terkesan tidak melihat pengukuhan Megawati urgen untuk dihadiri. Jokowi lebih memilih kunker ke Jawa Tengah yang didampingi Ganjar Pranowo,” pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga, Sabtu (12/7/2021).

Mantan Dekan FIKOM IISIP Jakarta itu
melihat keakraban Jokowi dengan Ganjar dalam kunkernya tersebut juga mengindikasikan adanya kubu-kubuan di PDIP.

[quotes quotes_style=”bquotes” quotes_pos=”center”]baca juga : Tim Indonesia Didepak dari All England 2021, Anggota DPR Desak Kemlu Panggil Dubes Inggris[/quotes]

“Di sini Jokowi memberi sinyal bahwa Ganjar menjadi bagian dari gerbongnya. Setidaknya, Jokowi secara indirect ingin menyatakan, Ganjar kader PDIP yang layak dipertimbangkan untuk turut dalam kontestasi pilpres 2024. Sinyal ini diharapkan dapat ditangkap Megawati,” kata Jamil.

Disini lain, Jamil melihat semakin akrabnya Megawati dan Prabowo. Ini  memberi sinyal bahwa koalisi PDIP dan Gerindra pada Pilpres 2024 hanya tinggal menunggu waktu saja.

“Megawati dan Prabowo tampaknya sudah ada kesepahaman dalam menata Indonesia. Hal ini menumbuhkan saling percaya yang kuat diantara mereka,” kata Jamil. (*)

Reporter : Sam | Editor : Heldi Satria

Load More Related Articles
Load More By sulkifly said
Load More In Berita

One Comment

  1. […] baca juga : Ada Indikasi Kubu-kubuan di PDIP, Jamiluddin Ritonga: Jokowi Cenderung ke Ganjar […]

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Shannon Wong Menyesal Telah Laporkan Ayah ke Polisi, Akui Dirinya yang Salah Karena Bucin

Jakarta, publiksultra.id – Beberapa saat lalu selebgram Shannon Wong sempat menghebohkan p…