Home Berita 7 Fakta Dampak Minum Kopi Terhadap Kesehatan, Nomor 5 Sering Salah Kaprah

7 Fakta Dampak Minum Kopi Terhadap Kesehatan, Nomor 5 Sering Salah Kaprah

5 min read
0
0
363
Manfaat kopi untuk kesehatan (Pixabay.com/Anja)

PUBLIKSULTRA.ID – Kopi adalah minuman yang paling populer di dunia, manfaat kopi yang paling populer di kalangan masyarakat adalah sebagai penghilang rasa kantuk.

Namun, ternyata minuman dengan rasa pahit ini juga menyimpan berbagai khasiat lain untuk kesehatan.

Berikut beberapa fakta kesehatan minum kopi:

1. Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein tertinggi

Tidak hanya kopi yang memiliki kandungan kafein, melainkan teh, coklat dan juga soda memiliki kandungan caffeine, dalam satu cangkir minuman kopi arabika memiliki 100 mg caffeine sedangkan satu cangkir minuman teh hitam memiliki 50 mg caffeine, dan satu cangkir teh hijau hanya memiliki 15 mg caffeine. Jadi kopi bagus untuk kesehatan jika tidak berlebihan meminumnya.

2. Kopi membuat kita bersemangat

Adenosine sendiri memiliki sifat Vasodilation jadi membuat pembuluh darah menjadi makin lebar, pada saat adenosine tidak ada maka pembuluh darah kita akan menjadi menyempit ini menyebabkan kelenjar hypophysis mengeluarkan hormon adrenalin pada kelenjar yang berada di atas ginjal.

3. Kopi menghilangkan kantuk

Di dalam otak kita terdapat senyawa yang disebut adenosin dan adenosine itu sendiri merupakan neurotransmitter inhibitor, ia merupakan senyawa di otak kita yang berguna untuk menghambat. Pada saat kita bangun tidur adenosine tersebut terus diproduksi tiap jam sampai pada saat adenosine itu mencapai level tertinggi kita mulai merasakan ngantuk, ketika kita minum kopi yang mengandung kafein tinggi maka dapat menghilangkan rasa kantuk.

baca juga : Boleh Dicoba! 5 Makanan Ini Bikin Enggak Gampang Lelah!

4. Kopi membuat kita merasa lebih senang

Kopi juga dapat menjadikan dilepaskannya neurotransmiter yang disebut dopamine, Dimana dopamine ini merupakan salah satu dari empat senyawa yang mengaktifkan pusat kesenangan di otak kita dan ini merupakan peran dari dopamine.

5. Kopi tidak menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit hipertensi dan penyakit jantung koroner

Kopi memang secara langsung meningkatkan tekanan darah kita melalui mekanisme dilepaskan adrenaline namun dalam jangka panjang setelah dilakukan penelitian bahwa orang yang minum kopi dengan orang yang tidak minum kopi memiliki resiko yang sama untuk terkena hipertensi. Jika kena hipertensi agar memperhatikan mengkonsumsi kafein supaya tidak berlebihan.

baca juga : 4 Tanaman Hias Ini Cocok untuk Indoor, Bikin Ruangan Makin Cantik!

6. Kopi menyebabkan peningkatan produksi asam lambung

Kopi tidak secara langsung menyebabkan kita sakit maag, namun pada saat kita mengkonsumsi kopi kafein akan membuat hormon gastrin dilepaskan pada saat hormon gastrin dilepaskan akan menyebabkan dinding lambung mensekresikan asam lambung, dan inilah yang membuat orang sensitif merasakan nyeri ulu hati Jika kamu yang memiliki sakit maag, sebaiknya makan terlebih dulu sebelum minum kopi, biasanya jika makan terlebih dulu dapat mengurangi gejala nyeri ulu hati tersebut

7. Kopi tidak menyebabkan dehidrasi

Setelah minum kopi biasanya lebih sering buang air kecil, dan inilah salah satu efek dari minum kopi yang disebut dengan efek diuretik, efek diuretik ini bersifat ringan dan tidak menyebabkan kita dehidrasi. Perlu diingat bahwa 98 persen dari kopi yang kita minum adalah air dan sisanya 2 persennya adalah zat terlarut, jadi pada saat kita minum kopi kita juga memasukan cairan ke dalam tubuh.***

sumber: harianhaluan

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Mengenal Jenis Serangan Buffer Overflow

Pendahuluan Buffer overflow adalah salah satu jenis serangan yang sering terjadi dalam dun…