Home Berita 5 Tips Copywriting untuk Marketing Afiliasi

5 Tips Copywriting untuk Marketing Afiliasi

11 min read
0
0
231
5 Tips Copywriting untuk Marketing Afiliasi
5 Tips Copywriting untuk Marketing Afiliasi

Afiliasi pemasaran masih kuat di dunia pemasaran. Namun, persaingan lebih ketat dari sebelumnya. Ada iklan PPC (bayar per klik), iklan media sosial, CPC (biaya per klik), dan tentu saja, kemitraan afiliasi yang semakin banyak.

Jadi, bagaimana Anda dapat memberdayakan pemasaran afiliasi Anda untuk berhasil dalam masyarakat pemasaran digital yang kompetitif? Salinan yang luar biasa adalah solusinya.

baca juga : 11 Plugin Wajib untuk WordPress pada tahun 2021

Orang-orang kewalahan dengan berbagai salinan dan konten promosi yang disajikan pemasar kepada mereka. Jika Anda ingin terhubung dengan orang-orang dan mendapatkan kepercayaan mereka, Anda perlu menulis salinan yang luar biasa.

Jika Anda bertekad untuk meningkatkan permainan copywriting Anda dan membawa pemasaran afiliasi Anda ke tingkat berikutnya, berikut adalah tips utama yang dapat membantu Anda dalam misi itu.

1. Tulis Judul yang Menarik Perhatian

Judul adalah titik kontak pertama dengan audiens Anda. Tanpa judul yang efektif dan menarik, sisa salinan dapat langsung diabaikan. Sederhananya, ini adalah langkah pertama menuju salinan yang mengonversi.

Tulis headline yang akan membuat audiens berkata “inilah yang saya butuhkan!” Beberapa ciri headline yang menarik adalah:

Langsung
Membangun rasa ingin tahu
Sebutkan masalah utama
Memaksa dengan tawaran yang menggiurkan
Membangkitkan urgensi
Mengajukan pertanyaan
Tugas utama dari judul adalah untuk memberikan pembaca alasan yang kuat untuk membaca sisa salinan Anda.

Cobalah untuk menulis beberapa headline sebagai variasi pada topik tertentu. Pilihan yang berbeda akan menunjukkan kepada Anda bagaimana setiap topik dapat didekati dari beberapa sudut yang berbeda. Kemudian, tempatkan diri Anda pada posisi pembaca dan pilih salah satu yang paling memikat Anda.

2. Gunakan Bahasa Target Audiens

Membangun koneksi dengan pengguna akan jauh lebih mudah jika Anda menggambarkan diri Anda sebagai salah satu dari mereka. Menulis dengan gaya dan nada yang sesuai dengan audiens target Anda akan membantu Anda membangun kepercayaan.

Amati komentar, posting, dan ulasan audiens target Anda. Perhatikan idiom yang mereka gunakan, seberapa formal tulisan mereka, dan bahkan jenis humor yang paling mereka tanggapi. Detail tersebut dapat menjadi kunci untuk membuat salinan yang menjual.

baca juga : 11 Tips menjadi blogger untuk pemula

Seorang pemasar afiliasi dan penulis teknis Kristin Savage, menyarankan agar Anda selalu mengenal audiens sebelum Anda mulai menulis salinan. “Metode yang paling cocok untuk saya adalah dengan menggali frasa atau lelucon yang berbeda yang saya temukan berulang dalam komentar audiens target saya. Saat Anda menyebutkan produk dalam salinan yang tampak seperti komentar konsumen lainnya, saat itulah salinan Anda akan terdengar asli dan dapat dipercaya,” jelas Kristin.

3. Jual Solusi Masalah, Bukan Produk

Salinan Salesy jarang berfungsi lagi. Di lautan konten “beli ini, beli itu”, pembaca ingin merasa dipahami dan dihargai. Untuk mewujudkannya, Anda harus fokus memberikan solusi kepada mereka daripada menjual produk kepada mereka.

Identifikasi titik sakit audiens target Anda dan fokuskan. Misalnya, alih-alih menyoroti betapa menakjubkannya krim wajah untuk kulit kering ini, alihkan perhatian Anda pada masalahnya. Jelaskan masalah yang dihadapi orang dengan kulit kering dan perubahan apa yang dilakukan produk pada kulit.

Apa yang dapat membantu Anda menentukan titik nyeri adalah:

Mengajukan pertanyaan di platform seperti Quora
Membuat jajak pendapat di media sosial
Meneliti komentar tentang produk serupa di platform seperti Amazon
Pergi ke forum di mana orang mendiskusikan produk tersebut

Memiliki wawasan langsung tentang apa masalah audiens target Anda akan membantu Anda membentuk salinan Anda dengan cara yang berorientasi pada solusi.

4. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

SEO (optimasi mesin pencari) dan salinan yang bagus berjalan beriringan. Jika Anda ingin memaksimalkan upaya pemasaran afiliasi Anda, Anda perlu mengarahkan lalu lintas ke salinan Anda.

Dasar dari SEO adalah menambahkan kata kunci yang relevan. Kata kunci akan membantu mesin pencari mengarahkan konsumen yang relevan ke posting Anda.

baca juga : Cara Sukses Memulai Podcast: Panduan untuk Pemula

Jika memungkinkan, bidik kata kunci jangka panjang. Mereka adalah frase yang terdiri dari 3-4 kata dan mereka menjelaskan 70% dari pencarian.

Mengingat bahwa kata kunci berekor panjang lebih spesifik dan deskriptif, Anda akan mengarahkan lalu lintas yang lebih relevan dari browser ke salinan Anda.

Katakanlah kata kunci utama Anda adalah “gaun hitam”, kata kunci ekor panjang dalam hal ini bisa jadi “gaun hitam lengan panjang midi”. Jadi, daripada menulis “Gaun hitam The Pretty Dress adalah pilihan yang sempurna untuk …” Anda harus memilih “Gaun hitam lengan panjang midi The Pretty Dress adalah pilihan yang sempurna untuk …”

Namun, menambahkan kata kunci ekor panjang tidak berarti Anda harus mengorbankan kualitas salinan. Jika Anda merasa sulit untuk menyematkan kata kunci ekor panjang dalam salinan, hubungi layanan penulisan. Penulis ahli mereka secara alami dapat menyebarkan kata kunci ekor panjang Anda sambil mempertahankan salinan berkualitas tinggi.

5. Ceritakan Sebuah Cerita

Salah satu karakteristik kunci dari salinan pemasaran afiliasi yang sukses adalah keterlibatan. Bagaimana cara menulis salinan yang menarik, Anda bertanya? Gunakan teknik bercerita.

Membaca cerita itu menghibur, relatable, dan menarik. Selain itu, itu membuat pembaca terpaku pada akhir karena mereka terdorong untuk mencari tahu bagaimana cerita itu berakhir.

Jika Anda menulis salinan afiliasi untuk peralatan memancing, Anda dapat menceritakan kisah singkat dan menyenangkan dari perjalanan memancing Anda dan menyebutkan produk di sepanjang jalan.

Kisah terbaik untuk tujuan pemasaran afiliasi adalah:

Ringkas
empati
Menginspirasi
Berhubungan
Diceritakan dalam bahasa sehari-hari
Sebuah cerita memungkinkan Anda untuk mempromosikan produk dengan cara yang mengatakan “inilah yang berhasil untuk saya” daripada “Anda harus membeli ini.” Anda dapat menceritakan kisah pribadi, kisah teman, atau mengarangnya. Jadilah kreatif dan tujukan untuk jenis cerita yang “mudah dibaca”.

Kesimpulan

Saat ini, jika Anda ingin berkembang dalam pemasaran afiliasi, Anda perlu belajar bagaimana memenangkan orang.

Kiat-kiat yang disebutkan di atas berfokus pada membawa orang ke salinan Anda serta membangkitkan kepercayaan dan emosi positif yang akan mengarah pada pembelian. Hubungan antara tulisan Anda dan pembaca dapat berlaku dalam hal meroketnya pemasaran afiliasi Anda. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk memperkuat salinan Anda dan meningkatkan upaya pemasaran afiliasi Anda.

Load More Related Articles
Load More By Publik Sultra
Load More In Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Solusi Mobile Device Management untuk Kerja Jarak Jauh

Ilustrasi MDM (Mobile Device Management) Pendahuluan Dalam beberapa tahun terakhir, banyak…